The Instrumental Role of Principal Leadership in Efforts to Improve The Quality of Education in Indonesia

Authors

  • Agustina Setyaningsih Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Eka Selvi Handayani Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Everhard Markiano Solissa Universitas Pattimura Ambon
  • Heppy Sapulete Universitas Pattimura Ambon
  • Apit Fathurohman Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11250

Abstract

Berdasarkan data yang diperoleh dinyatakan mutu pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengethui peran instrumental kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi literature dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari reduksi data, data display, dan conclusion drawing/verification kemudian ditriangulasi. Hasil analisis kemudian dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa peran kepala sekolah sebagai educator adalah merencanakan, melaksanakan, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih, serta meneliti. Peran manajerial kepala sekolah adalah merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan usaha yang dilakukan anggota organisasi serta memberdayakan sumber daya pendidikan. Peran kepala sekolah sebagai administrator adalah mengatur penataaksanaan sistem administrasi pada bidang-bidang: kesiswaan, kurikulum dan pembelajaran, personil, keuangan, tata usaha, sarana prasarana, dan hubungan masyarakat. Peran kepala sekolah sebagai supervisor adalah memantau membina dan memperbaiki proses belajar-mengajar di kelas atau disekolah yang dipimpinnya. Peran kepala sekolah sebagai leader adalah manajemen peningkatan mutu pendidikan, dimana kepala sekolah mampu untuk meningkatkan mutu setiap tahunnya. Peran kepala sekolah sebagai leader menyediakan layanan-layanan untuk menunjang peningkatan mutu pendidikan. Peran kepala sekolah sebagai inovator pendidikan terletak strategis untuk menjalin hubungan harmonis, menemukan sesuatu baru, mengintegrasikan kegiatan, mengembangkan model pembelajaran inovatif dan memberikan contoh keteladanan. Peran kepala sekolah sebagai motivator untuk tenaga pendidik agar kinerjanya dapat ditingkatkan dan dipertanggungjawabkan, sehingga menjadi berkualitas dan siswa dapat meningkatkan prestasinya.

Downloads

Published

2023-01-09

How to Cite

Setyaningsih, A. ., Handayani, E. S. ., Solissa, E. M. ., Sapulete, H. ., & Fathurohman, A. . (2023). The Instrumental Role of Principal Leadership in Efforts to Improve The Quality of Education in Indonesia . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1954–1961. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11250