Peran Layanan Bimbingan Kelompok dalam Menangani Kognitif Remaja Kecanduan Gadget di Desa Karya Jadi Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat

Authors

  • Nurhayani Nurhayani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Maya Selvia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Zalza Faradilla Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Sukma Permata Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Miranda Firdika Rully Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11245

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan konseling remaja pecandu gadget melalui terapi perilaku-kognitif. Remaja yang menggunakan gadget mengalami kenaikan berat badan. Efek dari penggunaannya bisa positif dan negatif. Namun, kecanduan gadget pada remaja berdampak negatif, yaitu mudah melupakan tugas belajar dan kebutuhan pokok seperti makan, minum, mandi, dan tidur. Tentu saja, remaja yang mengalami efek negatif dari perangkat ini membutuhkan terapi perilaku-kognitif dengan seorang konselor. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah deskriptif dan kualitatif dengan menganalisis fenomena penggunaan gadget remaja. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan konseling dengan menggunakan teori cognitive behavioral therapy. Artikel ini menyimpulkan bahwa remaja yang bergantung pada perangkat dapat diobati melalui konseling perilaku-kognitif. Melalui terapi ini, remaja yang mengalami perubahan biologis, kognitif dan emosional dapat dilatih untuk mengendalikan diri.

Downloads

Published

2023-01-09

How to Cite

Nurhayani, N., Selvia, M., Faradilla, Z. ., Sari, S. P., & Rully, M. F. . (2023). Peran Layanan Bimbingan Kelompok dalam Menangani Kognitif Remaja Kecanduan Gadget di Desa Karya Jadi Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1918–1921. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11245