Pengaruh Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sangkhom Islam Wittya School Sadao, Sangkla Thailand
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11233Abstract
Tulisan ini membahas tentang pengaruh manajemen berbasis sekolah terhadap kinerja guru di Sangkhom Islam Wittya School Sadao, Sangkla Thailand. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui manajemen berbasis sekolah di Sangkhom Islam Wittya School Sadao, Sangkla Thailand, (2) untuk mengetahui kinerja guru di Sangkhom Islam Wittya School Sadao, Sangkla Thailand, dan (3) untuk mengetahui pengaruh manajemen berbasis sekolah terhadap kinerja guru di Sangkhom Islam Wittya School Sadao, Sangkla Thailand. Penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan desain penelitian ex post facto. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, jumlah sampel sama dengan jumlah populasi, yaitu seluruh guru yang berjumlahkan 20 orang guru. Data diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Selanjutnya, data penelitian dianalisis statistik menggunakan pengelolaan data, yaitu analisis statistik deskriptif dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 22 For Windows. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa manajemen berbasis sekolah di Sangkhom Islam Wittya School Sadao, Sangkla Thailand termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 50%, adapun skor mean sebesar 82,23, dan kinerja guru Sangkhom Islam Wittya School Sadao, Sangkla Thailand termasuk dalam kategori cukup baik dengan persentase 84%, adapun skor mean sebesar 54,41. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif manajemen berbasis sekolah (X) terhadap kinerja guru (Y) 0,528 atau 52,8%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.Downloads
Published
2023-01-09
How to Cite
Lubis, . I. N. ., & Amsari, S. (2023). Pengaruh Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sangkhom Islam Wittya School Sadao, Sangkla Thailand. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1860–1867. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11233
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Isnani Nopita Lubis, Syahrul Amsari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).