Pengaruh Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sangkhom Islam Wittya School Sadao, Sangkla Thailand

Authors

  • Isnani Nopita Lubis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Syahrul Amsari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11233

Abstract

Tulisan ini membahas tentang pengaruh manajemen berbasis sekolah terhadap kinerja guru di Sangkhom Islam Wittya School Sadao, Sangkla Thailand. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui manajemen berbasis sekolah di Sangkhom Islam Wittya School Sadao, Sangkla Thailand, (2) untuk mengetahui kinerja guru di Sangkhom Islam Wittya School Sadao, Sangkla Thailand, dan (3) untuk mengetahui pengaruh manajemen berbasis sekolah terhadap kinerja guru di Sangkhom Islam Wittya School Sadao, Sangkla Thailand. Penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan desain penelitian ex post facto. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, jumlah sampel sama dengan jumlah populasi, yaitu seluruh guru yang berjumlahkan 20 orang guru. Data diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Selanjutnya, data penelitian dianalisis statistik menggunakan pengelolaan data, yaitu analisis statistik deskriptif dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 22 For Windows. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa manajemen berbasis sekolah di Sangkhom Islam Wittya School Sadao, Sangkla Thailand termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 50%, adapun skor mean sebesar 82,23, dan kinerja guru Sangkhom Islam Wittya School Sadao, Sangkla Thailand termasuk dalam kategori cukup baik dengan persentase 84%, adapun skor mean sebesar 54,41. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif manajemen berbasis sekolah (X) terhadap kinerja guru (Y) 0,528 atau 52,8%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Downloads

Published

2023-01-09

How to Cite

Lubis, . I. N. ., & Amsari, S. (2023). Pengaruh Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sangkhom Islam Wittya School Sadao, Sangkla Thailand. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1860–1867. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11233