Pengembangan Kurikulum Pembelajaran bahasa Arab Pada Era New Normal

Authors

  • Muhammad Ihsan Dacholfany Universitas Muhammadiyah Metro
  • Kuliyatun Kuliyatun Universitas Muhammadiyah Metro
  • Dwi Setia Kurniawan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11225

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kurikulum yang cocok dalam pembelajaran bahasa arab pada masa pandemi covid-19, dimana pada saat ini pandemi covid-19 semakin bertambah dan penyebarannya berkembang pesat, sehingga menjadi tantangan seorang guru untuk mengatasi pembelajaran tersebut agar tetap berlangsung sebagaimana mestinya, tidak terkecuali pembelajaran bahasa arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research) yang menggunakan buku-buku dan literarur-literatur lainnya sebagai objek utama. Penelitian ini dianalisis secara deskriptif terhadap konten untuk memberikan gambaran dan keterangan secara jelas, objektif, sistematis, analitis dan kritis mengenai kurikulum pembelajaran bahasa arab yang sesuai pada masa pandemi COVID-19. 4 dasar dalam pengembangan kurikulum pembelajaran bahasa arab pada masa pandemi: 1) penyusunan tujuan pembelajaran harus disesuaikan dengan keadaan peserta didik dan disosialisasikan kepada orang tua untuk bekerja sama mencapai tujuan tersebut. 2) konten atau isi materi dirancang sedemikian rupa untuk sampai kepada siswa arahkan pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. 3) selama proses pembelajaran guru dituntut sekreatif mungkin untuk menuntun pembelajaran penggunaan metode dan media yang tepat sangat berpengaruh. 4) evaluasi sangat disarankan berbasis project untuk menghindari kemungkinan siswa dalam menyontek satu sama lain. penelitian ini tidak dapat mencakup keseluruhan secara mendetail tentang keterampilan-keterampilan bahasa arab, karena pada hakikatnya pada masa pandemi-covid 19 saat ini guru lebih membutuhkan cara bagaimana agar materi pelajaran dapat tersampaikan dengan baik kepada peserta didik. Namun demikian penelitian ini dapat memberikan gambaran secara menyeluruh terhadap kebutuhan guru bahasa arab dalam mengajar, salah satunya penggunaan teknologi belajar.

Downloads

Published

2023-01-10

How to Cite

Dacholfany, M. I. ., Kuliyatun, K., & Dwi Setia Kurniawan. (2023). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran bahasa Arab Pada Era New Normal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2276–2285. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11225

Most read articles by the same author(s)