Pengembangan Kurikulum Pembelajaran bahasa Arab Pada Era New Normal
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11225Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kurikulum yang cocok dalam pembelajaran bahasa arab pada masa pandemi covid-19, dimana pada saat ini pandemi covid-19 semakin bertambah dan penyebarannya berkembang pesat, sehingga menjadi tantangan seorang guru untuk mengatasi pembelajaran tersebut agar tetap berlangsung sebagaimana mestinya, tidak terkecuali pembelajaran bahasa arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research) yang menggunakan buku-buku dan literarur-literatur lainnya sebagai objek utama. Penelitian ini dianalisis secara deskriptif terhadap konten untuk memberikan gambaran dan keterangan secara jelas, objektif, sistematis, analitis dan kritis mengenai kurikulum pembelajaran bahasa arab yang sesuai pada masa pandemi COVID-19. 4 dasar dalam pengembangan kurikulum pembelajaran bahasa arab pada masa pandemi: 1) penyusunan tujuan pembelajaran harus disesuaikan dengan keadaan peserta didik dan disosialisasikan kepada orang tua untuk bekerja sama mencapai tujuan tersebut. 2) konten atau isi materi dirancang sedemikian rupa untuk sampai kepada siswa arahkan pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. 3) selama proses pembelajaran guru dituntut sekreatif mungkin untuk menuntun pembelajaran penggunaan metode dan media yang tepat sangat berpengaruh. 4) evaluasi sangat disarankan berbasis project untuk menghindari kemungkinan siswa dalam menyontek satu sama lain. penelitian ini tidak dapat mencakup keseluruhan secara mendetail tentang keterampilan-keterampilan bahasa arab, karena pada hakikatnya pada masa pandemi-covid 19 saat ini guru lebih membutuhkan cara bagaimana agar materi pelajaran dapat tersampaikan dengan baik kepada peserta didik. Namun demikian penelitian ini dapat memberikan gambaran secara menyeluruh terhadap kebutuhan guru bahasa arab dalam mengajar, salah satunya penggunaan teknologi belajar.Downloads
Published
2023-01-10
How to Cite
Dacholfany, M. I. ., Kuliyatun, K., & Dwi Setia Kurniawan. (2023). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran bahasa Arab Pada Era New Normal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2276–2285. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11225
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Ihsan Dacholfany, Kuliyatun Kuliyatun, Dwi Setia Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).