Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Discovery Learning di Kelas IV.a SDN 07 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat

Authors

  • Hilmawati Hilmawati Sekolah Dasar Negeri 07 Sungai Aur, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11196

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) di bidang pendidikan dan pengajaran matematika dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berkenaan dengan perbaikan atau peningkatan proses pembelajaran matematika pada suatu kelas yaitu Kelas IV.a. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini direncanakan untuk dua kali siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus menunjukkan bahwa penggunaan Model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika di Kelas IV.a SDN 07 Sungai Aur. Hal ini dapat dilihat dari (1) kemampuan siswa untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu permasalahan matematika, (2) kemampuan siswa untuk berpikir secara kritis dan sitematis, dan (3) ketuntasan belajar yang semula hanya 66,05% pada siklkus I meningkat menjadi 87,1% pada akhir siklus II. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan Model Discovery Learning perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.

Downloads

Published

2023-01-08

How to Cite

Hilmawati, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Discovery Learning di Kelas IV.a SDN 07 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1712–1716. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11196