Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Discovery Learning di Kelas IV.a SDN 07 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11196Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) di bidang pendidikan dan pengajaran matematika dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berkenaan dengan perbaikan atau peningkatan proses pembelajaran matematika pada suatu kelas yaitu Kelas IV.a. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini direncanakan untuk dua kali siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus menunjukkan bahwa penggunaan Model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika di Kelas IV.a SDN 07 Sungai Aur. Hal ini dapat dilihat dari (1) kemampuan siswa untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu permasalahan matematika, (2) kemampuan siswa untuk berpikir secara kritis dan sitematis, dan (3) ketuntasan belajar yang semula hanya 66,05% pada siklkus I meningkat menjadi 87,1% pada akhir siklus II. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan Model Discovery Learning perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.Downloads
Published
2023-01-08
How to Cite
Hilmawati, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Discovery Learning di Kelas IV.a SDN 07 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1712–1716. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11196
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Hilmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).