Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11166Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya implementasi kurikulum merdeka di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) implementasi kurikulum merdeka di SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu, 2) kendala implementasi kurikulum merdeka di SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu, dan 3) upaya untuk mengatasi kendala-kendala dalam implementasi kurikulum merdeka di SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu. Tempat Penelitian ini adalah SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman meliputi reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Implementasi kurikulum merdeka belajar di SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu melalui tahapan input, proses dan output, 2) kendala-kendala implementasi kurikulum merdeka yaitu perlunya peningkatan kompetensi guru, sarana dan prasarana pendukung pembelajaran perlu ditingkatkan, perlunya menciptakan suasana pembelajaran efektif sesuai dengan keadaan industri, dan 3) upaya mengatasi kendala implementasi kurikulum merdeka yaitu meningkatkan kompetensi guru, menjalin kerjasama dengan pihak industri untuk, pengembangan metode pembelajaran yang menciptakan suasana kerja di industriDownloads
Published
2023-01-07
How to Cite
Mujab, S. ., v, A. T. R. ., & Gumelar, W. S. . (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1538–1545. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11166
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Syaiful Mujab, Ade Tutty R. Rosa, Wahyu Satya Gumelar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).