Meningkatkan Hasil Belajar Mengunakan Model Problem Based Learnig (PBL) Dalam Pembelajaran Tematik Tema Selamatkan Mahluk Hidup
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11136Abstract
Riska handayani, 2022. meningkatkan hasil belajar mengunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dalam pembelajaran tematik tema selamatkan mahluk hidup kelas VI. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr.Andi Imrah Dewi, S.Pd., M.Sn Permasalahan dalam penelitian ini yaituh rendahnya hasil belajar siswa kelas VI SDN 19 Dampelas. Penelitian ini mengunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitia yaitu siswa kelas VI yang berjumlah 16 orang siswa, terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Rancangan penelitian tindakan kelas di lakukan dalam 2 siklus dengan tiap siklus melalui 4 tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian pra tindakan dalam kegiatan pembelajaran menunjukan siswa yang tuntas 5 orang dari 16 siswa dengan presentase ketuntasan klasikal 53,75 % dan daya serap klasikal 31,25 % . pada siklus I yang tuntas sebanyak 9 orang dari 16 siswa dengan presentase 55,65 % dan daya serap klasikal 56,25 %. Pada siklus II siswa yang tuntas 13 dari 16 siswa dengan presentase ketuntasan klasikal 86,25 % dan daya serap klasikal 81,25% . hasil pengamatan aktivitas guru yaitu diperoleh siklus I sebesar 67,5%, terjadi peningkatan yaitu 82,5%. Sedangkan pengamatan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 66.25% meningkat pada siklus II sebesar 81,25 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 19 Dampelas pada pembelajaran tematik tema selamatkan mahluk hidup.Downloads
Published
2023-01-07
How to Cite
Handayani, R. ., Dewi, A. I. ., Kaharu, S. N., & Kamisani, N. . (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Mengunakan Model Problem Based Learnig (PBL) Dalam Pembelajaran Tematik Tema Selamatkan Mahluk Hidup. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1219–1224. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11136
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Riska Handayani, Andi Imrah Dewi, Sarintan N.Kaharu, Nurul Kamisani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).