Meningkatkan Hasil Belajar Mengunakan Model Problem Based Learnig (PBL) Dalam Pembelajaran Tematik Tema Selamatkan Mahluk Hidup

Authors

  • Riska Handayani Universitas Tadulako
  • Andi Imrah Dewi Universitas Tadulako
  • Sarintan N. Kaharu Universitas Tadulako
  • Nurul Kamisani Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11136

Abstract

Riska handayani, 2022. meningkatkan hasil belajar mengunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dalam pembelajaran tematik tema selamatkan mahluk hidup kelas VI. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr.Andi Imrah Dewi, S.Pd., M.Sn Permasalahan dalam penelitian ini yaituh rendahnya hasil belajar siswa kelas VI SDN 19 Dampelas. Penelitian ini mengunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitia yaitu siswa kelas VI yang berjumlah 16 orang siswa, terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Rancangan penelitian tindakan kelas di lakukan dalam 2 siklus dengan tiap siklus melalui 4 tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian pra tindakan dalam kegiatan pembelajaran menunjukan siswa yang tuntas 5 orang dari 16 siswa dengan presentase ketuntasan klasikal 53,75 % dan daya serap klasikal 31,25 % . pada siklus I yang tuntas sebanyak 9 orang dari 16 siswa dengan presentase 55,65 % dan daya serap klasikal 56,25 %. Pada siklus II siswa yang tuntas 13 dari 16 siswa dengan presentase ketuntasan klasikal 86,25 % dan daya serap klasikal 81,25% . hasil pengamatan  aktivitas guru yaitu diperoleh siklus I  sebesar 67,5%, terjadi peningkatan yaitu 82,5%. Sedangkan pengamatan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 66.25% meningkat pada siklus II sebesar  81,25 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI  SDN 19 Dampelas pada pembelajaran tematik tema selamatkan mahluk hidup.

Downloads

Published

2023-01-07

How to Cite

Handayani, R. ., Dewi, A. I. ., Kaharu, S. N., & Kamisani, N. . (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Mengunakan Model Problem Based Learnig (PBL) Dalam Pembelajaran Tematik Tema Selamatkan Mahluk Hidup. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1219–1224. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11136