Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Mewarnai di SDN Jatimulya I

Authors

  • Elsa Tiarawati Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Fani Kurnia Apriani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Lulu Karomah Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11123

Abstract

Kegiatan ini berlatar belakang pada perkembangan kreativitas siswa yang masih rendah. Masih ada beberapa siswa yang belum bisa mewarnai gambar sesuai dengan aslinya, siswa belum bisa menjelaskan apa yang diwarnainya, dan masih ada yang cenderung mewarnai gambar hanya dengan satu warna saja. Kreativitas adalah daya atau kemampuan untuk mencipta. Mewarnai merupakan kegiatan membubuhkan warna atau pewarna (krayon) pada suatu gambar. Kegiatan mewarnai telah menjadi keterampilan yang sebaiknya dikuasai anak- anak sejak dini karena memahami warna, anak tidak hanya mengenal macam-macam warna namun juga memberikan kesempatan pada anak untuk mengekpresikan diri. Hasil pengamatan dilapangan menunjukan bahwa permasalahan terjadi karena kurangnya kreativitas anak dalam melakukan kegiatan. Adapun tujuan kegiatan ini yaitu, (1) Mengetahui kondisi objektif kemampuan kreativitas melalui kegiatan mewarnai, (2) Mengetahui peningkatan kreativitas setelah penerapan kegiatan mewarnai, (3) Mengetahui seberapa besar semangatnya anak dalam kegiatan mewarnai. Pendekatan yang digunakan adalah metode wawancara dalam teknik pengumpulan informasi. Kegiatan mewarnai ini bisa membangkitkan kembali kesemangatan anak dalam belajar. Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa dari sekolah dasar yakni kelas tiga.

Downloads

Published

2023-01-06

How to Cite

Tiarawati, E. ., Apriani, F. K. ., & Karomah, L. . (2023). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Mewarnai di SDN Jatimulya I. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1139–1144. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11123