Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Mewarnai di SDN Jatimulya I
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11123Abstract
Kegiatan ini berlatar belakang pada perkembangan kreativitas siswa yang masih rendah. Masih ada beberapa siswa yang belum bisa mewarnai gambar sesuai dengan aslinya, siswa belum bisa menjelaskan apa yang diwarnainya, dan masih ada yang cenderung mewarnai gambar hanya dengan satu warna saja. Kreativitas adalah daya atau kemampuan untuk mencipta. Mewarnai merupakan kegiatan membubuhkan warna atau pewarna (krayon) pada suatu gambar. Kegiatan mewarnai telah menjadi keterampilan yang sebaiknya dikuasai anak- anak sejak dini karena memahami warna, anak tidak hanya mengenal macam-macam warna namun juga memberikan kesempatan pada anak untuk mengekpresikan diri. Hasil pengamatan dilapangan menunjukan bahwa permasalahan terjadi karena kurangnya kreativitas anak dalam melakukan kegiatan. Adapun tujuan kegiatan ini yaitu, (1) Mengetahui kondisi objektif kemampuan kreativitas melalui kegiatan mewarnai, (2) Mengetahui peningkatan kreativitas setelah penerapan kegiatan mewarnai, (3) Mengetahui seberapa besar semangatnya anak dalam kegiatan mewarnai. Pendekatan yang digunakan adalah metode wawancara dalam teknik pengumpulan informasi. Kegiatan mewarnai ini bisa membangkitkan kembali kesemangatan anak dalam belajar. Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa dari sekolah dasar yakni kelas tiga.Downloads
Published
2023-01-06
How to Cite
Tiarawati, E. ., Apriani, F. K. ., & Karomah, L. . (2023). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Mewarnai di SDN Jatimulya I. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1139–1144. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11123
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Elsa Tiarawati, Fani Kurnia Apriani, Lulu Karomah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).