Tingkat Keterampilan Komunikasi Intrapersonal Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 2 Baubau

Authors

  • Edison Edison Universitas Muhammadiyah Buton
  • Unhaluddin T. Kurniawan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Rosmawati T Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11114

Abstract

Keterampilan komunikasi intrapersonal dipandang sangat penting bagi seorang siswa dimana komunikasi intrapersonal merupakan bentuk komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang mengenai berbagai kejadian-kejadian hidup yang meliputi aktivitas menerima informasi, mengolah, menyimpan dan menghasilkan kembali yang dapat dikenali dari perasaan, pemikiran, nilai-nilai prinsip yang dipegang, kegiatan mengkhayal dan sebagainya. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana kemampuan komunikasi intrapersonal yang dimiliki oleh siswa SMA Negeri 2 Baubau sebagai kompetensi yang sangat diperlukan untuk mengintrospeksi diri serta adanya kecenderungan siswa yang sulit menyadari kekeliruan yang dilakukan di lingkungan sekolah. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan metode survey pada 85 orang siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Baubau. Hasil penelitian menunjukan adanya tingkat keterampilan komunikasi intrapersonal siswa berdasarkan aspek monolog, aspek komunikasi lisan, dan aspek komunikasi tulisan yaitu dengan rincian kategori rendah terdapat 12 siswa (14,12 %), kategori sedang terdapat 62 siswa (72,94 %), dan kategori tinggi terdapat 11 siswa (12,94 %). Dengan demikian rata-rata keterampilan komunikasi intrapersonal siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Baubau masih berada pada kategori sedang.

Downloads

Published

2023-01-06

How to Cite

Edison, E., Kurniawan, U. T. ., & T, R. . (2023). Tingkat Keterampilan Komunikasi Intrapersonal Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 2 Baubau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1101–1109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11114