Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X MIA 2 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru

Authors

  • Feri Hesti MAN 1 Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.11086

Abstract

Penelitian ini membahas tentang aktivitas dan hasil belajar. Penilaian hasil belajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah nilai matematika peserta didik dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang sering tampak dalam proses pembelajaran matematika yaitu rendahnya aktivitas kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Rendahnya aktivitas kemampuan ini sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X MIA 2 Di Madrasah Aliyah Negeri  1 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan  dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Refleksi digunakan sebagai dasar perbaikan perencanaan pada pertemuan berikutnya. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi dan tes hasil belajar setiap pertemuan pada siklus I dan siklus II. Data diperoleh secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran  Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Peningkatan aktivitas peserta didik dari kategori kurang pada siklus pertama menjadi kategori baik pada siklus kedua. Hasil belajar peserta didik yang tuntas pencapaian KKM pada siklus I hanya 26 orang peserta didik (72,22%), pada siklus II meningkat menjadi 34 orang peserta didik (94,44%). Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapkan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X MIA 2 pada materi Vektor.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Hesti, F. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X MIA 2 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 647–657. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.11086