Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Umkm Jaheku Di Desa Kaloling Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng

Authors

  • Yuliartati Yuliartati Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • Mirnawati Mirnawati Universitas Muhammadiyah Bulukumba

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10994

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendekskripsikan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan UMKM JAHEKU di Desa Kaloling Kec. Gantarangkeke Kab. Bantaeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM JAHEKU dapat berkembang dikarenakan beberapa factor yang mempengaruhinya, factor minat berwirausaha harus dimiliki oleh pelaku usaha sebagai bukti keseriusan seseorang dalam menjalankan suatu usaha. Factor merek juga merupakan bagian penting dalam UMKM dimana merek memiliki peran sebagai identitas sebuah produk. Factor promosi merupakan salah satu factor keberhasilan UMKM JAHEKU, strategi penjualan/pemasaran melalui promosi dilakukan secara langsung terjun  kelapangan atau melalui media sosial. UMKM dapat berhasil karena disebabkan oleh factor pelaku usahanya yang memiliki minat berwirausaha, factor merek, factor promosi yang dapat menarik perhatian para konsumen.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Yuliartati, Y., & Mirnawati, M. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Umkm Jaheku Di Desa Kaloling Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 608–614. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10994