Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Tingkat Satu di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10979Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh dukungan sosial terhadap penyesuaian diri mahasiswa tingkat satu di masa pandemi menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 156 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang berisi skala penyesuaian diri dan skala dukungan sosial yang disusun berdasarkan skala rating. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi sederhana. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa nilai R Square sebesar 0, 357 sehingga pengaruh dukungan sosial terhadap penyesuaian diri mahasiswa tingkat satu di masa pandemi sebesar 35,7% dan 64,3% dipengaruhi oleh fakor lain seperti kondisi emosional, kematangan intelektual serta kepribadian subjek. Nilai signifikansi sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap penyesuaian diri pada mahasiswa tingkat satu di masa pandemi.Downloads
Published
2023-01-04
How to Cite
Angela, R. R., & Marissa, A. . (2023). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Tingkat Satu di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 518–523. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10979
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Roro Riri Angela, Aski Marissa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).