Efektivitas Pelatihan Asertivitas untuk Meningkatkan Self Esteem Remaja yang Mengalami Kekerasan dalam Hubungan Pacaran pada Siswi SMA Global Prima Medan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10977Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah pelatihan asertivitas memiliki pengaruh untuk meningkatkan self esteem remajayang mengalami kekerasan dalam hubungan pacaran. Hipotesa dalam penelitian ini ada 2 yaitu; 1) Diperoleh hasil yang berbeda antara pretest dengan posttest setelah diberikan pelatihan asertif pada kelompok eksperimen, dengan asumsi bahwa self esteem akan meningkat setelah diberikan pelatihan dibandingkan sebelum diberikan pelatihan. 2) Ada perbedaan self esteem pada kelompok eksperimen yang telah diberikan pelatihan asertif dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan pelatihan, dengan asumsi bahwa self esteem pada kelompok eksperimen akan lebih tinggi daripada self esteem kelompok kontrol. Penelitian dengan Quasi Experimental Design merupakan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik analisis memakai pengukuran uji non parametrik yaitu teknik analisis Wilcoxon dan Mann-Whitney U. Berdasarkan uji Wilcoxon diperoleh nilai Sig. sebesar 0,001 maka hipotesa pertama diterima sehingga pelatihan asertif mempunyai pengaruh dalam meningkatkan self esteem. Berdasarkan hasil uji Mann Whitney U didapatkan nilai Sig. 0,000 maka hipotesa kedua diterima sehingga disimpulkan terdapat perbedaan self esteem antara kelompok eksperimen yang mendapatkan pelatihan dengan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan pelatihan asertif.Downloads
Published
2023-01-14
How to Cite
Rizka, G. A., Jenny, J., Sanjaya, S., Baluya, B. B. ., & Elvinawanty, R. (2023). Efektivitas Pelatihan Asertivitas untuk Meningkatkan Self Esteem Remaja yang Mengalami Kekerasan dalam Hubungan Pacaran pada Siswi SMA Global Prima Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3469–3474. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10977
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Gianina Arta Rizka, Jenny, Sandy Sanjaya, Bernhard Branyaga Baluya, Rianda Elvinawanty
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).