Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Busniess Model Canvas dan Analisis SWOT (Studi Kasus Pada Kopitography Coffee & Gallery)

Authors

  • Dhika Bayu Mahardika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Irnawati Irnawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Amelia Listyawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Wijdan Hilmi Mulyawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Arfina Zulfa Muhammad Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abdul Fattah Hanif Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Agus Prasetyo Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Aldi Firman Pangestu Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Indri Rahmawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Adventus Sihombing Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ahnaf Zaeroffi Adriwansa Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10962

Abstract

Kopitography Coffee & Gallery ialah coffee shop yang berlokasi di Kabupaten Bogor yang harus terus berinovasi supaya usahanya bisa bertahan agar dapat dilakukan dengan memetakan model usaha dan mengevaluasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat model bisnis Kopitography Coffee & Gallery saat ini dan merekomendasikan model bisnis yang baru agar dapat menciptakan nilai tambah baru untuk mempertahankan bisnisnya. Pada studi ini penulis menggunakan pendekatan Business Model Canvas untuk memetakan model bisnis dari Kopitography Coffee & Gallery dan mengevaluasinya menggunakan analisis SWOT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian, diperoleh gambaran model bisnis business model canvas yang sedang dijalankan saat ini dari hasil wawancara. Dari hasil analisis SWOT terhadap business model canvas saat ini menunjukan adanya kekuatan, kelemahan, ancaman, serta peluang dari  Kopitography Coffee & Gallery. Sesuai hasil evaluasi yang sudah dilakukan, Kopitography Coffee & Gallery masih mempunyai beberapa aspek yang belum maksimal serta masih bisa dikembangkan kembali supaya dapat memberikan nilai lebih serta dapat mempertahankan bisnisnya. Maka dibuatnya sebuah strategi dari business model canvas yang nantinya akan dijadikan pertimbangan untuk dapat mengembangkan bisnisnya. (

Downloads

Published

2023-01-07

How to Cite

Mahardika, D. B. ., Irnawati, I., Listyawati, A. ., Mulyawan, M. W. H. ., Muhammad, A. Z. ., Hanif, A. F. ., Prasetyo, A. ., Pangestu, A. F. ., Rahmawati, I. ., Sihombing, A. ., & Adriwansa, A. Z. . (2023). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Busniess Model Canvas dan Analisis SWOT (Studi Kasus Pada Kopitography Coffee & Gallery). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1618–1625. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10962