Teknik Emotion Focused Coping Untuk Mengatasi Stres Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir Melalui Konseling Individual

Authors

  • Wa Ode Husniah Universitas Muhammadiyah Buton
  • Muhammad Iqbal Fauzi Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10957

Abstract

Pada tingkat akhir mahasiswa menghadapi berbagai ketentuan dalam menyelesaikan kuliahnya agar dapat menyandang gelar sarjana. Dalam penyelesaian tugas akhir atau skripsi tersebut tidak tertutup kemungkinan terjadi stress pada diri individu akibat tekanan yang diterima  Stress akademik adalah tekanan akibat persepsi subjektif terhadap suatu kondisi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum kondisi mahasiswa yang mengalami stres, dan bentuk penanganan konseling individual teknik emotion focused coping, serta mengetahui tingkat stres yang dialami oleh mahasiswa setelah pemberian layanan konseling individual teknik emotion focused coping. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dengan menggunakan tahapan studi kasus dengan subyek penelitian mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Buton.  layanan yang digunakan dalam penyelesaian stress akademik  yaitu layanan konseling individual dengan teknik Emotion Focused Coping yang dilakukan berdasarkan tahapan teknik Emotion Focused Coping. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan pemberian layanan konseling individual teknik Emotion Focused Coping dapat mengatasi mahasiswa yang mengalami stres akademik.

Downloads

Published

2023-01-03

How to Cite

Husniah, W. O. ., & Fauzi, M. I. . (2023). Teknik Emotion Focused Coping Untuk Mengatasi Stres Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir Melalui Konseling Individual. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 438–442. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10957