Penanganan Bullying Dengan Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Siswa SDN Duren I

Authors

  • Irma Hidayanti Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Lela Yulianti Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Lina Karina Bancin Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Weni Tri Sasmi Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10880

Abstract

Karakter siswa semakin tidak sesuai apa yang diharapkan. Melihat keadaan lapangan ada beberapa kasus bullying terhadap teman sekelasnya, tujuan dari penelitian ini sebagai penanganan bullying dengan menanamkan pendidikan karakter pada siswa di SDN Duren I. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian studi kasus (case study). Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas VI SDN Duren I. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan adanya 3 jenis bentuk-bentuk bullying yaitu: (1) Bentuk perilaku bullying secara fisik, (2) Bentuk perilaku bullying secara verbal, dan (3) Bentuk perilaku bullying secara psikologis. Faktor yang melatarbelakangi terjadinya perilaku bullying, diantaranya: (1) Faktor kepribadian, (2) Faktor keluarga, dan (3) Faktor lingkungan sekolah. Penanganan penanaman pendidikan karakter yang dilakukan diantaranya: (1) Penanaman nilai-nilai karakter melalui pembelajaran yang terintegrasi dengan mata pelajaran, (2) Sosialisasi kepada siswa dan orangtua oleh guru dan kepala sekolah (3) Membangun komunikasi dan pendekatan antara siswa, orang tua, guru dan kepala sekolah agar dapat mendeteksi terjadi nya bullying. (4) Membuat peraturan dan sanksi yang tegas, jika pelaku masih mengulangi perilaku bullying guru akan memanggil orangtua pelaku.

Downloads

Published

2023-01-02

How to Cite

Hidayanti, I. ., Yulianti, L. ., Bancin, L. K. ., & Sasmi, W. T. . (2023). Penanganan Bullying Dengan Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Siswa SDN Duren I. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 117–122. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10880