ISSAC Sebagai Sistem Manajemen Rekrutmen Peserta Didik di Pondok Modern Al-Aqsha Jatinangor

Authors

  • Badrudin Badrudin
  • Muthia Nur Annisa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wildan Arifin

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10794

Abstract

Pelaksanaan manajemen rekrutmen peserta didik ini menuntut pendidik agar bisa mencapai keberhasilan dalam proses penerimaan santri baru. Sehingga, dalam penelitian tujuannya adalah untuk mendeskripsikan mengenai manajemen rekrutmen peserta didik menggunakan metode ISSAC (Islamic Science, Sport and Art Competition) merupakan kompetisi pada jenjang sekolah dasar yang berisikan perlombaan sains, seni dan olahraga di Pondok Modern Al-Aqsha Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskritif kualitatif serta pokok utama dalam penelitian ini adalah para pendidik. Sedangkan untuk metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan data melalui wawaancara, observasi serta dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menyatakan ada hasil yang baik dalam penggunaan metode ISSAC ini. Dalam berlangsungnya proses manajemen rekrutmen peserta didik ini tidak bisa lepas dari aturan dan hukum yang berlaku didinas maupun di Pondok itu sendiri. Hasil rekrutmen menggunakan metode ini ada beberapa santri yang mempunyai prestasi dalam bidang akademik khususnya pada bidang pidato, sehingga bisa membuat Pondok ini mampu bersaing dalm bidang lomba tersebut pada tingat Kabupaten. Selain itu, dengan adanya metode ini secara tidak langsung bisa mengenalkan suasana Pondok Modern Al-Aqsha pada seluruh pendatang.

Downloads

Published

2023-01-02

How to Cite

Badrudin, B., Muthia Nur Annisa, & Wildan Arifin. (2023). ISSAC Sebagai Sistem Manajemen Rekrutmen Peserta Didik di Pondok Modern Al-Aqsha Jatinangor. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 57–64. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10794