ISSAC Sebagai Sistem Manajemen Rekrutmen Peserta Didik di Pondok Modern Al-Aqsha Jatinangor
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10794Abstract
Pelaksanaan manajemen rekrutmen peserta didik ini menuntut pendidik agar bisa mencapai keberhasilan dalam proses penerimaan santri baru. Sehingga, dalam penelitian tujuannya adalah untuk mendeskripsikan mengenai manajemen rekrutmen peserta didik menggunakan metode ISSAC (Islamic Science, Sport and Art Competition) merupakan kompetisi pada jenjang sekolah dasar yang berisikan perlombaan sains, seni dan olahraga di Pondok Modern Al-Aqsha Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskritif kualitatif serta pokok utama dalam penelitian ini adalah para pendidik. Sedangkan untuk metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan data melalui wawaancara, observasi serta dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menyatakan ada hasil yang baik dalam penggunaan metode ISSAC ini. Dalam berlangsungnya proses manajemen rekrutmen peserta didik ini tidak bisa lepas dari aturan dan hukum yang berlaku didinas maupun di Pondok itu sendiri. Hasil rekrutmen menggunakan metode ini ada beberapa santri yang mempunyai prestasi dalam bidang akademik khususnya pada bidang pidato, sehingga bisa membuat Pondok ini mampu bersaing dalm bidang lomba tersebut pada tingat Kabupaten. Selain itu, dengan adanya metode ini secara tidak langsung bisa mengenalkan suasana Pondok Modern Al-Aqsha pada seluruh pendatang.Downloads
Published
2023-01-02
How to Cite
Badrudin, B., Muthia Nur Annisa, & Wildan Arifin. (2023). ISSAC Sebagai Sistem Manajemen Rekrutmen Peserta Didik di Pondok Modern Al-Aqsha Jatinangor. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 57–64. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10794
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Badrudin Badrudin, Muthia Nur Annisa, Wildan Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).