The Use of Multimedia in Learning Islamic Religious Education as a Communication Media for Islamic Broadcasting

Authors

  • Selvia Assoburu Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10709

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam sebagai media komunikasi penyiaran Islam di SMPN 23 Palembang, dana apa saja manfaat penggunaannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu menggambarkan secara sistematis apa saja fakta yang menitik beratkan pada penalaran berdasarkan realitas sosial secara objektif. Oleh sebab itu, untuk memproleh data yang diperlukan, penulis melakukan observasi ke lapangan untuk mencari data yang akan diteliti. Dalama menganalisis data di lapangan, diperlukan berbagai teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan teknik editing, klasifikasi dan analisis data. Kemudian dari hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan dan saran. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran pendidikan agama islam sebagai media komunikasi penyiaran Islam di SMPN 23 Palembang sudah cukup baik, karena proses pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dapat dikatakan salah satu upaya komunikasi penyiaran Islam. Adapaun manfaat penggunaan multimedia sebagai media komunikasi penyiaran islam, yaitu 1) penggunaan multimedia dapat memberikan penyajian materi pendidikan agama islam yang inovatif dan kreatif; 2) penggunaan multimedia dapat menggambarkan konkrit pada materi dan menjadikan pembelajaran PAI yang efektif dan efisien.

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Assoburu, S. . (2022). The Use of Multimedia in Learning Islamic Religious Education as a Communication Media for Islamic Broadcasting. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13161–13166. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10709