The Use of Multimedia in Learning Islamic Religious Education as a Communication Media for Islamic Broadcasting
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10709Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam sebagai media komunikasi penyiaran Islam di SMPN 23 Palembang, dana apa saja manfaat penggunaannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu menggambarkan secara sistematis apa saja fakta yang menitik beratkan pada penalaran berdasarkan realitas sosial secara objektif. Oleh sebab itu, untuk memproleh data yang diperlukan, penulis melakukan observasi ke lapangan untuk mencari data yang akan diteliti. Dalama menganalisis data di lapangan, diperlukan berbagai teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan teknik editing, klasifikasi dan analisis data. Kemudian dari hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan dan saran. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran pendidikan agama islam sebagai media komunikasi penyiaran Islam di SMPN 23 Palembang sudah cukup baik, karena proses pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dapat dikatakan salah satu upaya komunikasi penyiaran Islam. Adapaun manfaat penggunaan multimedia sebagai media komunikasi penyiaran islam, yaitu 1) penggunaan multimedia dapat memberikan penyajian materi pendidikan agama islam yang inovatif dan kreatif; 2) penggunaan multimedia dapat menggambarkan konkrit pada materi dan menjadikan pembelajaran PAI yang efektif dan efisien.Downloads
Published
2022-12-27
How to Cite
Assoburu, S. . (2022). The Use of Multimedia in Learning Islamic Religious Education as a Communication Media for Islamic Broadcasting. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13161–13166. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10709
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Selvia Assoburu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).