Pengaruh Pembelajaran Daring dan Self Efficacy Terhadap Stres Akademik Mahasiswa FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta

Authors

  • Ananda Rizki Ramadhanti Universitas Sebelas Maret
  • Abdul Rahman Universitas Sebelas Maret
  • Nurhadi Nurhadi Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10676

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring dan self efficacy terhadap stres akademik mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 95 mahasiswa dari 12 program studi terpilih menggunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Korelasi Product Moment dan uji Analisis Regresi Berganda. Berdasarkan uji Korelasi Product Moment diperoleh hasil korelasi positif antara pembelajaran daring dan stres akademik dengan nilai korelasi 0,220 (rhitung) > 0,202 (rtabel). Sedangkan untuk self efficacy dan stres akademik diperoleh korelasi negatif dengan nilai korelasi -0,132 (rhitung) < 0,202 (rtabel). Kemudian pada uji Analisis Regresi Berganda memperoleh hasil (fhitung) 3,147 > 3,10 (ftabel). Dari hasil tersebut, maka hipotesis penelitian ini adalah H1 diterima dan H0 ditolak. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara pembelajaran daring dan self efficacy terhadap stres akademik mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret angkatan 2018.

Downloads

Published

2022-12-26

How to Cite

Ramadhanti, A. R. ., Rahman, A. ., & Nurhadi, N. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Self Efficacy Terhadap Stres Akademik Mahasiswa FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13060–13066. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10676