Pengaruh Pembelajaran Daring dan Self Efficacy Terhadap Stres Akademik Mahasiswa FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10676Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring dan self efficacy terhadap stres akademik mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 95 mahasiswa dari 12 program studi terpilih menggunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Korelasi Product Moment dan uji Analisis Regresi Berganda. Berdasarkan uji Korelasi Product Moment diperoleh hasil korelasi positif antara pembelajaran daring dan stres akademik dengan nilai korelasi 0,220 (rhitung) > 0,202 (rtabel). Sedangkan untuk self efficacy dan stres akademik diperoleh korelasi negatif dengan nilai korelasi -0,132 (rhitung) < 0,202 (rtabel). Kemudian pada uji Analisis Regresi Berganda memperoleh hasil (fhitung) 3,147 > 3,10 (ftabel). Dari hasil tersebut, maka hipotesis penelitian ini adalah H1 diterima dan H0 ditolak. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara pembelajaran daring dan self efficacy terhadap stres akademik mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret angkatan 2018.Downloads
Published
2022-12-26
How to Cite
Ramadhanti, A. R. ., Rahman, A. ., & Nurhadi, N. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Self Efficacy Terhadap Stres Akademik Mahasiswa FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13060–13066. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10676
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ananda Rizki Ramadhanti, Abdul Rahman, Nurhadi Nurhadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).