Strategi E-Commerce Dalam Meningkatkan Tingkat Hunian (Study Kasus White Tree Residence)

Authors

  • Cece Sanusi Universitas Sahid Jakarta
  • Syahfirin Abdullah Universitas Sahid Jakarta
  • Yohanes Sulistyadi Universitas Sahid Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10638

Abstract

Dalam penelitian ini  peneliti menggunakan metode deskriftif kualitatif yang dianalisis menggunakan analisis SWOT dengan menggunakan model matriks faktor internal (IFAS) dan matriks faktor eksternal (EFAS) bertujuan untuk mengetahui strategi  e-commerce dalam meningkatkan tingkat hunian, proses kegiatan penelitian ini peneliti juga melakukan pengumpulan data primer, yaitu; melakukan wawancara dengan narasumber, kuesioner, observasi dilapangan lalu melakukan pengumpulan data sekunder, yaitu; studi literatur, dan laporan atau data yang relevan. Dari hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa peranan e-commerce service good atau online travel agent telah berkontribusi dengan baik, namun transaksi e-commerce melalui direct website atau hotel web masih belum maksimal. Rekomendasi untuk White Tree Residence peneliti membagi kedalam 2 (dua) rekomendasi, yaitu: (1) saran perbaikan pemasaran melalui e-commerce, (a) eksposure sosial media, (b) paket room promo, (c) kemudahan transaksi melalui hotel web, (d) loyalty program terintegrasi, (e) meningkatkan kerjasama e-commerce. (2) saran perbaikan sarana dan prasarana yang mendukung tingkat penjualan dan kepuasan tamu melalui e-commerce, (a) menambah kafasitas kamar, (b) penambahan fasilitas meeting room, (c) peluasan fasilitas parkir, (d) sarana transportasi, (e) peran serta owner.

Downloads

Published

2022-12-25

How to Cite

Sanusi, C. ., Abdullah, S. ., & Sulistyadi, Y. . (2022). Strategi E-Commerce Dalam Meningkatkan Tingkat Hunian (Study Kasus White Tree Residence). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12870–12879. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10638