Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Dosen Pembimbing Akademik
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10627Abstract
Mahasiswa dalam menjalani perkuliahan pasti selalu menemukan masalah baik akademik maupun non akademik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh manakah kebutuhan mahasiswa terhadap Dosen Pembimbing Akademik serta faktor kendala mahasiswa ketika berjumpa Dosen Pembimbing Akademik di Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi, sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas Bimbingan Penyuluhan Islam-C (BPI-C) Stambuk 2020.Metode pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi dan wawancara langsung dengan responden yang berada di kelas.Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa banyak mahasiswa yang enggan menjumpai Dosen Pembimbing Akademik nya, hal ini dikarenakan dua faktor yaitu internal seperti rasa malas, kurangnya motivasi dan faktor eksternal seperti dosen yang sibuk dan susah dijumpai. Menindak lanjuti temuan pada penelitian ini, maka pemberdayaan dosen pembimbing akademik harus lebih dioptimalkan melalui evaluasi layanan bimbingan, serta penyuluhan ke mahasiswa tentang pentingnya peran Dosen Pembimbing Akademik.Downloads
Published
2022-12-25
How to Cite
Aziz, A., Panjaitan, M. A. R. ., Luthfi, S. ., & Saragi, M. P. D. . (2022). Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Dosen Pembimbing Akademik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12894–12897. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10627
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Amirul Aziz, Muhammad Arief Rizki Panjaitan, Sofyan Luthfi, Muhammad Putra Dinata Saragi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).