Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Dosen Pembimbing Akademik

Authors

  • Amirul Aziz Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Arief Rizki Panjaitan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sofyan Luthfi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Putra Dinata Saragi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10627

Abstract

Mahasiswa dalam menjalani perkuliahan pasti selalu menemukan masalah baik akademik maupun non akademik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh manakah kebutuhan mahasiswa terhadap Dosen Pembimbing Akademik serta faktor kendala mahasiswa ketika berjumpa Dosen Pembimbing Akademik di Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi, sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas Bimbingan Penyuluhan Islam-C (BPI-C) Stambuk 2020.Metode pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi dan wawancara langsung dengan responden yang berada di kelas.Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa banyak mahasiswa yang enggan menjumpai Dosen Pembimbing Akademik nya, hal ini dikarenakan dua faktor yaitu internal seperti rasa malas, kurangnya motivasi dan faktor eksternal seperti dosen yang sibuk dan susah dijumpai. Menindak lanjuti temuan pada penelitian ini, maka pemberdayaan dosen pembimbing akademik harus lebih dioptimalkan melalui evaluasi layanan bimbingan, serta penyuluhan ke mahasiswa tentang pentingnya peran Dosen Pembimbing Akademik.

Downloads

Published

2022-12-25

How to Cite

Aziz, A., Panjaitan, M. A. R. ., Luthfi, S. ., & Saragi, M. P. D. . (2022). Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Dosen Pembimbing Akademik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12894–12897. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10627

Most read articles by the same author(s)