Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran PBL Pada Siswa Kelas V Sdn 55/I Sridadi

Authors

  • Tresya Adila Putri Universitas Jambi
  • Riana Purba Universitas Jambi
  • Widya Rista cahyani Universitas Jambi
  • Syahid Abdulah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10609

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dan  meningkatkan pemahaman siswa tentang menyelesaikan permasalahan pada soal cerita matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan tindakan berupa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pemecahan masalah pada soal cerita di kelas V SDN 55/I Sridadi pada materi jarak dan kecepatan, yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 (September s.d. November 2022). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 55/I Sridadi yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi, penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, siklus 1 dilakukan 1 kali pertemuan begitu juga dengan siklus 2, prosedur penelitian meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar dan pemahaman mengenai pemecahan masalah soal cerita pada peserta didik saat proses pembelajaran

Downloads

Published

2022-12-24

How to Cite

Putri, T. A. ., Purba, R. ., cahyani, W. R. ., & Abdulah, S. . (2022). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran PBL Pada Siswa Kelas V Sdn 55/I Sridadi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12720–12731. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10609