Hubungan Peran Kode Etik Tenaga Kependidikan Dalam Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan Kepala Sekolah di Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • M. Azka Maulana Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang
  • Astuti Darmiyanti Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang
  • Saprialman Saprialman Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10604

Abstract

Kode etik merupakan prinsip-prinsip yang harus dipegang oleh seorang tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Kode etik tersebut merupakan acuan dalam mengambil keputusan dan tindakan serta dapat menjadi tolak ukur bagi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran kode etik tenaga kependidikan dengan pengembangan kompetensi kepemimpinan kepala sekolah di lembaga pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kode etik tenaga kependidikan berpengaruh terhadap pengembangan kompetensi kepemimpinan kepala sekolah di lembaga pendidikan Islam. Kode etik yang diterapkan oleh tenaga kependidikan dapat menjadi acuan bagi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola lembaga pendidikan Islam dan dapat meningkatkan kompetensi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola lembaga pendidikan tersebut. Peran kode etik tenaga kependidikan memiliki hubungan yang positif dengan pengembangan kompetensi kepemimpinan kepala sekolah di lembaga pendidikan Islam.

Downloads

Published

2022-12-24

How to Cite

Maulana, M. A. ., Darmiyanti, A. ., & Saprialman, S. (2022). Hubungan Peran Kode Etik Tenaga Kependidikan Dalam Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan Kepala Sekolah di Lembaga Pendidikan Islam . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12698–12702. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10604

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2