Analisis Karya Batik Jumput Teknik Ikat Kelas V Sd Negeri Gayamsari 02 Semarang

Authors

  • Galih Tri Mulyani Universitas PGRI Semarang
  • Singgih Adhi Prasetyo Universitas PGRI Semarang
  • Ari Widyaningrum Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.10543

Abstract

Tujuan untuk mengetahui hasil karya batik jumput siswa kelas V SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif, karena riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Instrumen Penelitian dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji Keabsahan Data peneliti mengecek ulang informasi kepada sumber data. Berdasarkan analisis hasil karya batik jumput siswa kelas V SD Negeri Gayamsari 02 Semarang diketahui bahwa terdapat 7 siswa yang menggunakan teknik ikatan mawar, 2 siswa menggunakan teknik ikatan mawar berganda, 6 siswa menggunakan teknik ikatan mawar berbelit, 3 siswa menggunakan teknik ikatan garis, dan 2 siswa menggunakan teknik ikatan penggumpalan. Teknik ikatan yang paling banyak digunakan adalah teknik ikatan mawar. Adapun hasil pewarnaan kain batik sebagian besar sudah bagus yakni 11 siswa sudah dapat menghasilkan batik jumputan dengan warna yang nyata, sedangkan hasil pewarnaan 9 karya batik siswa lainnya belum merata. Berdasarkan penelitian ini saran yang disampaikan adalah siswa hendaknya meningkatkan kemampuan dalam berkarya batik jumput, dan mengembangkan kreativitas dalam berkarya batik jumput, guru diharapkan dapat membantu siswa mengenal batik jumput lebih mendalam agar detail-detail motif yang diciptakan lebih bagus, dengan adanya kegiatan mengenal batik jumput juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Tri Mulyani, . . G., Prasetyo, S. A., & Widyaningrum, . A. . (2022). Analisis Karya Batik Jumput Teknik Ikat Kelas V Sd Negeri Gayamsari 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6614–6618. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.10543