Analisis Karya Batik Jumput Teknik Ikat Kelas V Sd Negeri Gayamsari 02 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.10543Abstract
Tujuan untuk mengetahui hasil karya batik jumput siswa kelas V SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif, karena riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Instrumen Penelitian dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji Keabsahan Data peneliti mengecek ulang informasi kepada sumber data. Berdasarkan analisis hasil karya batik jumput siswa kelas V SD Negeri Gayamsari 02 Semarang diketahui bahwa terdapat 7 siswa yang menggunakan teknik ikatan mawar, 2 siswa menggunakan teknik ikatan mawar berganda, 6 siswa menggunakan teknik ikatan mawar berbelit, 3 siswa menggunakan teknik ikatan garis, dan 2 siswa menggunakan teknik ikatan penggumpalan. Teknik ikatan yang paling banyak digunakan adalah teknik ikatan mawar. Adapun hasil pewarnaan kain batik sebagian besar sudah bagus yakni 11 siswa sudah dapat menghasilkan batik jumputan dengan warna yang nyata, sedangkan hasil pewarnaan 9 karya batik siswa lainnya belum merata. Berdasarkan penelitian ini saran yang disampaikan adalah siswa hendaknya meningkatkan kemampuan dalam berkarya batik jumput, dan mengembangkan kreativitas dalam berkarya batik jumput, guru diharapkan dapat membantu siswa mengenal batik jumput lebih mendalam agar detail-detail motif yang diciptakan lebih bagus, dengan adanya kegiatan mengenal batik jumput juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia.Downloads
Published
2022-08-31
How to Cite
Tri Mulyani, . . G., Prasetyo, S. A., & Widyaningrum, . A. . (2022). Analisis Karya Batik Jumput Teknik Ikat Kelas V Sd Negeri Gayamsari 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6614–6618. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.10543
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Galih Tri Mulyani, Singgih Adhi Prasetyo, Ari Widyaningrum
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).