Analisis Efektivitas Media Gambar Terhadap Pemahaman Materi Berbagai Jenis Pekerjaan Pada Siswa Kelas IV

Authors

  • Detania Hidapenta Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fira Ayu Dwiputri Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru
  • Tin Rustini Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10522

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan kurang tercapainya hasil belajar siswa sekolah dasar pada materi ke-IPS-an secara maksimal. Yang mana hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, baik itu itu faktor internal maupun faktor eksternal. Adanya masalah pada diri siswa dapat menyebabkan kurang atau bahkan tidak tercapainya hasil belajar. Sebab ketika dalam diri siswa tidak terdapat masalah, maka hasil belajar akan tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran yang berbentuk gambar pada materi berbagai jenis pekerjaan pada siswa kelas 4 SD. Dimana keefektivitasan tersebut sejalan dengan hasil belajar siswa dan pemahaman siswa terkait materi pembelajaran. Adapun penelitian ini dilakukan dengan metode studi literatur serta wawancara yang dilakukan pada guru SD Kelas 4. Studi literatur dilakukan dengan memperoleh data dari berbagai sumber, seperti jurnal, buku, dan artikel ilmiah yang berkaitan dengan topik penelitian. Dari penelitian ini didapatkan sebuah hasil yang menunjukan bahwa penggunaan media gambar membuat siswa lebih semangat dan antusias selama aktivitas pembelajaran. Sehingga dapat dikatakan bahwa adanya dampak positif penggunaan media gambar terkhusus pada materi berbagai jenis pekerjaan.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Hidapenta, . D. ., Fira Ayu Dwiputri, & Rustini, T. (2022). Analisis Efektivitas Media Gambar Terhadap Pemahaman Materi Berbagai Jenis Pekerjaan Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12534–12538. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10522