Analisis Efektivitas Media Gambar Terhadap Pemahaman Materi Berbagai Jenis Pekerjaan Pada Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10522Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan kurang tercapainya hasil belajar siswa sekolah dasar pada materi ke-IPS-an secara maksimal. Yang mana hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, baik itu itu faktor internal maupun faktor eksternal. Adanya masalah pada diri siswa dapat menyebabkan kurang atau bahkan tidak tercapainya hasil belajar. Sebab ketika dalam diri siswa tidak terdapat masalah, maka hasil belajar akan tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran yang berbentuk gambar pada materi berbagai jenis pekerjaan pada siswa kelas 4 SD. Dimana keefektivitasan tersebut sejalan dengan hasil belajar siswa dan pemahaman siswa terkait materi pembelajaran. Adapun penelitian ini dilakukan dengan metode studi literatur serta wawancara yang dilakukan pada guru SD Kelas 4. Studi literatur dilakukan dengan memperoleh data dari berbagai sumber, seperti jurnal, buku, dan artikel ilmiah yang berkaitan dengan topik penelitian. Dari penelitian ini didapatkan sebuah hasil yang menunjukan bahwa penggunaan media gambar membuat siswa lebih semangat dan antusias selama aktivitas pembelajaran. Sehingga dapat dikatakan bahwa adanya dampak positif penggunaan media gambar terkhusus pada materi berbagai jenis pekerjaan.Downloads
Published
2022-12-23
How to Cite
Hidapenta, . D. ., Fira Ayu Dwiputri, & Rustini, T. (2022). Analisis Efektivitas Media Gambar Terhadap Pemahaman Materi Berbagai Jenis Pekerjaan Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12534–12538. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10522
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Detania Hidapenta, Fira Ayu Dwiputri, Tin Rustini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









