Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran IPS SD Pada Mahasiswa PGSD FKIP UIR

Authors

  • Muhamad Nukman Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10521

Abstract

  Indonesia memiliki banyak keberagamaan  sehingga perlunya pendidikan multikultural untuk mahasiswa dengan harapan agar mahasiswa mampu bertoleransi dengan adanya perbedaan. Sehingga peneliti harus mampu menyelipkan pendidikan multikultural pada mata kuliah yang diampu oleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah pendidikan multikultual dalam membentuk karakter bangsa melalui pembelajaran IPS SD pada mahasiswa PGSD FKIP UIR angkatan 2021. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan kualitatif. Penelitian ini lebih menekankan realitas sosial sebagai suatu yang utuh, kompleks, dinamis, dan bersifat interaktif untuk meneliti objek yang alamiah.  Hasil dari penelitian ini diperoleh informasi diantaranya adalah : 1) pendidikan multikultural dalam membentuk karakter bangsa melalui mata kuliah pembelajaran IPS SD pada mahasiswa PGSD FKIP UIR dilakukan dengan cara menyesuaikan materi ajar pada mahasiswa semester 3 yang berkaitan dengan multikultural. 2) pendidikan multikultural dalam perbedaan, struktur ssosial dan pendidikan yang sama atau adil dalam membentuk karakter bangsa melalui pebelajaran mata kuliah pembelajaran IPS SD di mahasiswa PGSD FKIP UIR angkatan 2021 dilakukan dengan menerapkan 5S yaitu senyum, sapa, salam, sopan, santun. Di kampus khusunya pada program studi PGSD tidak ada pembedaan, semua mahasiswa mendapat perlakuan yang sama baik dari budaya yang berbeda, ras, suku yang berbeda. 3) pendidikan multikultural ditinjau dari aspek solidaritas, kerja sama, toleransi, dalam membentuk karakter bangsa melalui pembelajaran pada mata kuliah Pembelajaran IPS SD.    

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Muhamad Nukman. (2022). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran IPS SD Pada Mahasiswa PGSD FKIP UIR. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12671–12677. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10521