Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran IPS SD Pada Mahasiswa PGSD FKIP UIR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10521Abstract
Indonesia memiliki banyak keberagamaan sehingga perlunya pendidikan multikultural untuk mahasiswa dengan harapan agar mahasiswa mampu bertoleransi dengan adanya perbedaan. Sehingga peneliti harus mampu menyelipkan pendidikan multikultural pada mata kuliah yang diampu oleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah pendidikan multikultual dalam membentuk karakter bangsa melalui pembelajaran IPS SD pada mahasiswa PGSD FKIP UIR angkatan 2021. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan kualitatif. Penelitian ini lebih menekankan realitas sosial sebagai suatu yang utuh, kompleks, dinamis, dan bersifat interaktif untuk meneliti objek yang alamiah. Hasil dari penelitian ini diperoleh informasi diantaranya adalah : 1) pendidikan multikultural dalam membentuk karakter bangsa melalui mata kuliah pembelajaran IPS SD pada mahasiswa PGSD FKIP UIR dilakukan dengan cara menyesuaikan materi ajar pada mahasiswa semester 3 yang berkaitan dengan multikultural. 2) pendidikan multikultural dalam perbedaan, struktur ssosial dan pendidikan yang sama atau adil dalam membentuk karakter bangsa melalui pebelajaran mata kuliah pembelajaran IPS SD di mahasiswa PGSD FKIP UIR angkatan 2021 dilakukan dengan menerapkan 5S yaitu senyum, sapa, salam, sopan, santun. Di kampus khusunya pada program studi PGSD tidak ada pembedaan, semua mahasiswa mendapat perlakuan yang sama baik dari budaya yang berbeda, ras, suku yang berbeda. 3) pendidikan multikultural ditinjau dari aspek solidaritas, kerja sama, toleransi, dalam membentuk karakter bangsa melalui pembelajaran pada mata kuliah Pembelajaran IPS SD.Downloads
Published
2022-12-23
How to Cite
Muhamad Nukman. (2022). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran IPS SD Pada Mahasiswa PGSD FKIP UIR. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12671–12677. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10521
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muhamad Nukman
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).