Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membiasakan Shalat Berjamaah Peserta Didik di SMPN 3 Kinali

Authors

  • Saerofah Saerofah Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Hidra Ariza Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Siska Ramayanti SMP Negeri 3 Kinali

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10453

Abstract

Shalat adalah media komunikasi antara makhluk dan sang khalik. Shalat adalah pencegah dari perbuatan keji dan munkar. Kalau melihat realitas sekarang di kalangan remaja sudah banyak terjadi kelalaian dalam banyak hal. Oleh karena itu, perlu adanya kebiasaan shalat berjamaah di sekolah agar pembiasaan baik sejak dini tertanam dalam diri remaja. Penelitian ini difokuskan pada upaya guru PAI dalam membiasakan shalat berjamaah peserta didik di SMPN 3 Kinali dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) upaya guru PAI dalam membiasakan shalat berjamaah peserta didik (2) faktor pendukung dan penghambat dalam membiasakan shalat berjamaah peserta didik. Untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan metode deskriptif kualitatif, adapun pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan aspek yang relevan dengan fenomena yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru memberikan contoh (sebagai teladan yang baik), memberikan nasihat yang baik, memberikan hukuman, (2) kerja sama yang baik antara guru PAI dan guru yang lain, upaya guru PAI yang berjalan dengan baik. Dengan diadakan shalat berjamaah di sekolah maka akan menjadikan siswa terbiasa melakukan shalat berjamaah di mana pun dengan tepat waktu. Kegiatan ini sangat baik dilaksanakan karena sesuai dengan kurikulum tentang shalat yang selanjutnya dapat mengaplikasikan kegiatan disekolah maupun di rumah. Kegiatan shalat berjamaah tersebut dengan maksud untuk membiasakan shalat berjamaah peserta didik.

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Saerofah, S., Ariza, H. ., & Ramayanti, S. . (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membiasakan Shalat Berjamaah Peserta Didik di SMPN 3 Kinali. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12297–12305. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10453