Memahami Pesan Dakwah Dalam Siaran

Authors

  • Evy Asroany Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ihsan Almunawwar Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Erwan Efendy Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10397

Abstract

Dakwah yang awalnya hanya memanfaatkan media tradisional, berkembang dengan memasukkan unsur-unsur teknologi kontemporer, seperti radio dan televisi. Salah satu media modern yang dapat digunakan untuk berdakwah saat ini adalah radio dan televisi. Tujuan televisi adalah untuk menarik perhatian orang pada isi pesan. Televisi dan radio berpotensi menjadi media yang menarik untuk mengkomunikasikan pesan-pesan positif kepada masyarakat, mengandung pesan-pesan keagamaan yang biasa disebut dengan dakwah. Keunggulan dakwah yang disampaikan melalui media penyiaran bukan satu-satunya faktor yang berperan. Dalam penelitian ini, analisis isi digunakan. Demikian pula, seorang da'i yang ingin memanfaatkan media penyiaran harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang bagaimana melakukannya, termasuk bagaimana menentukan metode dan teknik dakwahnya. Karena penggunaan media penyiaran yang tidak tepat tidak hanya akan membuang waktu dan uang, tetapi juga akan mempersulit jarak antara kegiatan dakwah dengan masyarakat.

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Siregar, E. A. ., Siregar, I. A. ., & Efendy, E. . (2022). Memahami Pesan Dakwah Dalam Siaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12128–12137. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10397