Relevansi Antara Konsep Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara dan Konsep Pendidikan Islam Seumur Hidup (Lifelong Education)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10392Abstract
Penelitian ini mencakup pada konsep pendidikan menurut ki hajar dewantara yang memiliki keterkaitan pada pendidikan islam, terkhusus pada konsep pendidikan seumur hidup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode systematic literature review yang dilakukan melalui analisis dan evaluasi data yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mencari inti sari pemahaman pendidikan yang relevansi dan penerapannya sangat berguna pada urgensi kehidupan manusia, yakni Pendidikan Seumur Hidup (Lifelong Education), yaitu konsep pendidikan tanpa batas waktu yang sejalan dengan orientasi pendidikan yang dicetuskan oleh bapak pendidikan Indonesia. Ki Hajar Dewantara, beliau mengemukakan bahwa konsep pendidikan menurutnya juga tidak terikat pada batas-batas yang ada. Pendidikan seumur hidup secara umum adalah rangkaian proses pendidikan yang dilakukan secara repetitif (continue) pendidikan sepanjang hayat penting karena mencakup seluruh aspek hidup setiap individu dalam lingkungan keluarga, perguruan (sekolah), dan lingkungan pemuda. Konsep pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara memiliki kesamaan dengan konsep pendidikan Islam seumur hidup. Pendidikan Islam sepanjang hayat (Long Life Education) mencakup pada aspek kehidupan dari buaian hinggan liang lahat, pendidikan Islam seumur hidup juga berimplikasi pada pendidikan formal (sekolah), nonformal (masyarakat), dan informal (keluarga).Downloads
Published
2023-01-02
How to Cite
Muhammad Faizin, Muhammad Farid Ubaidillah, & Muhammad Ilham Fauzan Akbar. (2023). Relevansi Antara Konsep Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara dan Konsep Pendidikan Islam Seumur Hidup (Lifelong Education). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 12–19. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10392
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Faizin, Muhammad Farid Ubaidillah, Muhammad Ilham Fauzan Akbar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).