Peningkatan Keterbukaan Diri Melalui Teknik Johari Window pada Siswa Kelas X-TPM SMK Karya Bhakti Gresik
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10390Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh permasalahan para remaja terurama para siswa yang kesulitan untuk membuka diri kepada teman sesamanya. Hal ini membuat mereka sulit untuk beradaptasi sehingga berperilaku pasif dan kurang aktif. Penelitian yang dilakukan saat kegiatan magang ini bertujuan untuk meneliti san mengetahui bagaimama aktivitas para siswa dalam bergaul dan bekerja sama. Penelitian ini memilih model Johari Window untuk membantu siswa agar lebih aktif saat pembelajaran. Johari Window bermanfaat dan berguna bagi individu atau kelompok untuk mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang diri sendiri dan anggota kelompok lainnya. Hasil penelitian ditunjukkan dengan menggunakan bantuan SPSS dengan uji normalitas dan uji perbandingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan dari pre test ke post test dengan rata-rata prosentase 9.12%. Maka dari itu dapat dikatakan pula bahwa Teknik Johari Window dapat meningkatkan keterbukaan diri siswa kelas X-TPM SMK Karya Bhakti Gresik.Downloads
Published
2023-01-02
How to Cite
Maulana Azmi, & Prianggi Amelasasih. (2023). Peningkatan Keterbukaan Diri Melalui Teknik Johari Window pada Siswa Kelas X-TPM SMK Karya Bhakti Gresik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 28–34. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10390
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Maulana Azmi, Prianggi Amelasasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).