Kegiatan Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Di SD Negeri 030352 Sipali-pali
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10378Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa Sekolah Dasar melalui pelaksanaan program kampus mengajar. Kampus mengajar merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebagai dedikasi kampus melalui mahasiswa untuk bergerak menyukseskan pendidikan di Indonesia. Kampus mengajar merupakan bagian dari program kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa selama satu (1) semester untuk membantu guru dan kepala sekolah di SD dan SMP dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang terdampak pandemi. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan melakukan kegiatan pembelajaran literasi dan numerasi. Dalam teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik dokumentasi dari setiap kegiatan yang dilaksanakan di sekolah, baik kegiatan di dalam kelas maupun di luar kelas. Pelaksanaan kegiatan kampus mengajar ini dilaksanakan melalui pembuatan Pojok Baca untuk meningkatkan literasi dan numerasi peserta didik. Hasil pelaksanaan kegiatan pojok baca melalui kampus mengajar banyak memberikan dampak positif bagi guru, peserta didik dan sekolah seperti meningkatnya keterampilan membaca peserta didik, meningkatnya pemahaman peserta didik dalam bidang perkalian, pembagian, pengurangan dan penjumlahan. Dengan memberikan fasilitas pojok baca, peserta didik sangat antusias untuk mengikuti kegiatan kampus mengajar yang dilaksanakan di sekolah.Downloads
Published
2022-12-18
How to Cite
Saragih, R. ., & Sitohang, H. . (2022). Kegiatan Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Di SD Negeri 030352 Sipali-pali. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12091–12095. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10378
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Renita Saragih, Hanna Sitohang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).