Kegiatan Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Di SD Negeri 030352 Sipali-pali

Authors

  • Renita Saragih Universitas HKBP Nommensen
  • Hanna Sitohang Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10378

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa Sekolah Dasar melalui pelaksanaan program kampus mengajar. Kampus mengajar merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebagai dedikasi kampus melalui mahasiswa untuk bergerak menyukseskan pendidikan di Indonesia. Kampus mengajar merupakan bagian dari program kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa selama satu (1) semester untuk membantu guru dan kepala sekolah di SD dan SMP dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang terdampak pandemi. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan melakukan kegiatan pembelajaran literasi dan numerasi. Dalam teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik dokumentasi dari setiap kegiatan yang dilaksanakan di sekolah, baik kegiatan di dalam kelas maupun di luar kelas. Pelaksanaan kegiatan kampus mengajar ini dilaksanakan melalui pembuatan Pojok Baca untuk meningkatkan literasi dan numerasi peserta didik. Hasil pelaksanaan kegiatan pojok baca melalui kampus mengajar banyak memberikan dampak positif bagi guru, peserta didik dan sekolah seperti meningkatnya keterampilan membaca peserta didik, meningkatnya pemahaman peserta didik dalam bidang perkalian, pembagian, pengurangan dan penjumlahan. Dengan memberikan fasilitas pojok baca, peserta didik sangat antusias untuk mengikuti kegiatan kampus mengajar yang dilaksanakan di sekolah.

Downloads

Published

2022-12-18

How to Cite

Saragih, R. ., & Sitohang, H. . (2022). Kegiatan Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Di SD Negeri 030352 Sipali-pali. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12091–12095. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10378