The Relationship between Students’ Anxiety and Their Writing Recount Text Ability at the Tenth – Grade Students of SMA MUTIARA 1 JAKARTA in the Academic Year of 2021/2022

Authors

  • Heni Novita Sari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Ratih Pratiwi Asri Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10348

Abstract

Hubungan Kecemasan Siswa dengan Kemampuan Menulis Teks Recount Siswa Kelas X SMA Mutiara 1 Jakarta Tahun Pelajaran 2021/2022. Makalah, Jakarta, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Sekolah Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta 2022. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kecemasan dengan keterampilan menulis siswa kelas X SMA Mutiara 1 Jakarta tahun ajaran 2021/2022. Penulis menggunakan metode survei kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Mutiara 1 Jakarta, dan penulis hanya mengambil 1 kelas IPA (10-1 kelas IPS) yang terdiri dari 40 siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kecemasan dan tes keterampilan menulis. Skor kedua variabel dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dari Pearson. Hasil analisis dan perhitungan statistik menunjukkan bahwa robserved adalah 0,85 dan rtabel 0,126 pada taraf signifikan 0,05 dengan derajat kebebasan (df = n- 2) sekitar 38. Akibatnya, robserved lebih tinggi dari rtabel. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Hi diterima. Jadi, Ho ditolak dan Hi diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecemasan dengan keterampilan menulis siswa kelas X SMA Mutiara 1 Jakarta tahun pelajaran 2021/2022.

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Sari, H. N. ., & Asri, R. P. . (2022). The Relationship between Students’ Anxiety and Their Writing Recount Text Ability at the Tenth – Grade Students of SMA MUTIARA 1 JAKARTA in the Academic Year of 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12121–12127. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10348