Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Media Audio Visual Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10335Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas XI SMK Pijer Podi Berastagi. Populatoin adalah 70 siswa di kelas. Dengan menggunakan teknik total sampling, dinyatakan bahwa Kelas XI TKR-1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI TSM-2 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yang dirancang dengan rancangan two group post test. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data tugas adalah menulis cerpen (esai). Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan menulis cerpen siswa dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Model Audio Visual di kelas adalah 78,2 dan skor rata-rata dengan Model CIRC adalah 73,1. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh Thitung sebesar 3,080 dan Ttabel = 1,999. Dibandingkan antara Thitung= dengan Ttabel, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak jika Thitung > Ttabel . diperoleh Thitung > Ttabel 3,080 > 1,999 sehingga dapat dinyatakan hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan uji hipotesis, terdapat pengaruh yang signifikan antara Proses Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMK Pijer Podi Berastagi. Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Media Audio Visual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen.Downloads
Published
2022-12-16
How to Cite
Yoga, S. N. ., & Isroani, F. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Media Audio Visual Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11824–11828. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10335
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sahri Nova Yoga, Farida Isroani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).