Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Media Audio Visual Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Sahri Nova Yoga IAIN Lhokseumawe
  • Farida Isroani Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10335

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas XI SMK Pijer Podi Berastagi. Populatoin adalah 70 siswa di kelas. Dengan menggunakan teknik total sampling, dinyatakan bahwa Kelas XI TKR-1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI TSM-2 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yang dirancang dengan rancangan two group post test. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data tugas adalah menulis cerpen (esai). Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan menulis cerpen siswa dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Model Audio Visual di kelas adalah 78,2 dan skor rata-rata dengan Model CIRC adalah 73,1. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh Thitung sebesar 3,080 dan Ttabel = 1,999. Dibandingkan antara Thitung= dengan Ttabel, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak jika Thitung > Ttabel . diperoleh Thitung > Ttabel 3,080 > 1,999 sehingga dapat dinyatakan hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan uji hipotesis, terdapat pengaruh yang signifikan antara Proses Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMK Pijer Podi Berastagi. Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Media Audio Visual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen.

Downloads

Published

2022-12-16

How to Cite

Yoga, S. N. ., & Isroani, F. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Media Audio Visual Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11824–11828. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10335