Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNA T.A. 2021/2022)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10286Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNA T.A. 2021/2022)”. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNA T.A. 2021/2022 sebanyak 96 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda yang kemudian diperoleh Y = 3,081 + 0,195 X1 + 0,429 X2 + e dan uji hipotesis menggunakan uji F secara simultan, uji t secara parsial dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil dari penelitian ini adalah variabel Online Customer Review (X1) dan Online Customer Rating (X2) secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat Keputusan Pembelian dengan hasil Fhitung 35,213 > Ftabel 3,09. Variabel Online Customer Review (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai thitung (2,356) > ttabel (1,985) Variabel Online Customer Rating (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai thitung (6,097) > ttabel (1,985). Koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah R Square dengan nilai 0,575 atau sebesar 57,5%. Hal ini menunjukkan bahwa Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Online Customer Review dan Online Customer Rating 57,5% sedangkan sisanya sebesar 42,5% dijelaskan oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Downloads
Published
2022-12-15
How to Cite
Syarifah , T. ., & Mastriani, E. . (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNA T.A. 2021/2022). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11521–11529. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10286
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Tengku Syarifah , Eqi Mastriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).