Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNA T.A. 2021/2022)

Authors

  • Tengku Syarifah Universitas Asahan
  • Eqi Mastriani Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10286

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Online  Customer  Review  dan Online Customer  Rating  Terhadap  Keputusan  Pembelian  Melalui  Marketplace  Shopee (Studi  Kasus:  Mahasiswa  Fakultas  Ekonomi  UNA  T.A.  2021/2022)”. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa  Fakultas  Ekonomi  UNA  T.A.  2021/2022 sebanyak 96 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda yang kemudian diperoleh Y = 3,081 + 0,195 X1 + 0,429 X2 + e  dan uji hipotesis menggunakan uji F secara simultan, uji t secara parsial dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil dari penelitian ini adalah variabel Online  Customer  Review  (X1) dan Online Customer  Rating  (X2) secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat Keputusan  Pembelian dengan hasil Fhitung 35,213 > Ftabel 3,09. Variabel Online  Customer  Review  (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan  Pembelian (Y) dengan nilai thitung (2,356) > ttabel (1,985) Variabel Online Customer  Rating  (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan  Pembelian (Y)  dengan nilai thitung (6,097) > ttabel (1,985). Koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah R Square dengan nilai 0,575 atau sebesar 57,5%. Hal ini menunjukkan bahwa Keputusan  Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Online  Customer  Review  dan Online Customer  Rating  57,5% sedangkan sisanya sebesar 42,5% dijelaskan oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Syarifah , T. ., & Mastriani, E. . (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNA T.A. 2021/2022). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11521–11529. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10286