Pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Café Kekinian di Bekasi

Authors

  • Iqbal Septyansyah Universitas Esa Unggul
  • Ferryal Abadi Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10247

Abstract

Keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya harga, kualitas produk, social media marketing, electronic word of mouth, brand image, brand awareness, kualitas layanan, promosi dan lain sebagainya. Social media marketing memiliki pengaruh yang besar untuk mempengaruhi keputusan pembelian, dan dalam hal ini ada erat kaitannya dengan menciptakan electronic word of mouth yang cukup besar untuk mempengaruhi keputusan pembelian melalui interaksi tersebut. Penelitian ini ingin mengetahui pengaruh dari social media marketing kepada electronic word of mouth dan juga pengaruh kepada keputusan pembelian dengan sampel penelitian sejumlah 145 responden. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan SEM – PLS, pendekatan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan Smart PLS (Partial Least Square) 3.0 dan olah data dengan melihat evaluasi dari Outer dan Inner model serta hasil uji t-statistik. Penelitian menunjukkan bahwa konsumen pada café kekinian di Bekasi didominasi oleh para milenial dan Gen Z yang berstatus masih pelajar maupun yang sudah bekerja. Hasil penelitian menunjukan bahwa social media marketing sangat berpengaruh secara signifikan pada electronic word of mouth, lalu electronic word of mouth juga memiliki pengaruh yang cukup untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, kemudian social media marketing juga memiliki pengaruh kepada keputusan pembelian konsumen pada café kekinian di Bekasi.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Septyansyah, I. ., & Abadi, F. . (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Café Kekinian di Bekasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11343–11353. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10247