Pendekatan Edutainment dalam Pembelajaran PAI di Paket C

Authors

  • Alimas'adi Alimas'adi Institut Agama Islam Negeri Surakarta
  • Anto Supriyanto Institut Agama Islam Negeri Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10226

Abstract

Gejala adanya siswa yang kurang senang menerima pelajaran PAI dari guru tidak harus terjadi. Guru perlu menciptakan lingkungan belajar yang mampu mendorong anak didik untuk senang dan bergairah belajar. Perlu diterapkan pendekatan edutainment yang merupakan inovasi baru dalam pembelajaran dengan menyelipkan humor dan permainan (game) ke dalam proses pembelajaran. Penerapan edutainment pada pembelajaran PAI Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dapat dilakukan dengan bentuk yaitu discovery inquiry, quantum learning dan active learning. Penerapan pendekatan ini memanfaatkan media yang sesuai dengan materi untuk mendukung proses belajar dan dilakukan dengan CTL dan berprinsip pada keaktifan peserta didik, evaluasinyapun ditentukan pada proses dan kemampuan siswa dalam memahami materi penerapan pendekatan edutainment berperan bagi keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran pembelajaran PAI Paket C PKBM adalah pembelajaran ini mengarahkan pada keaktifan siswa student centered sehingga siswa mengalami sendiri pembelajaran yang dilakukan, guru hanya menjadi motivator yang berusaha menjadi partner siswa dalam meningkatkan keaktifannya, menciptakan kondisi kelas yang mengerahkan semua potensi siswa.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Alimas’adi, A., & Supriyanto, A. . (2022). Pendekatan Edutainment dalam Pembelajaran PAI di Paket C. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11214–11226. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10226