Pendekatan Edutainment dalam Pembelajaran PAI di Paket C
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10226Abstract
Gejala adanya siswa yang kurang senang menerima pelajaran PAI dari guru tidak harus terjadi. Guru perlu menciptakan lingkungan belajar yang mampu mendorong anak didik untuk senang dan bergairah belajar. Perlu diterapkan pendekatan edutainment yang merupakan inovasi baru dalam pembelajaran dengan menyelipkan humor dan permainan (game) ke dalam proses pembelajaran. Penerapan edutainment pada pembelajaran PAI Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dapat dilakukan dengan bentuk yaitu discovery inquiry, quantum learning dan active learning. Penerapan pendekatan ini memanfaatkan media yang sesuai dengan materi untuk mendukung proses belajar dan dilakukan dengan CTL dan berprinsip pada keaktifan peserta didik, evaluasinyapun ditentukan pada proses dan kemampuan siswa dalam memahami materi penerapan pendekatan edutainment berperan bagi keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran pembelajaran PAI Paket C PKBM adalah pembelajaran ini mengarahkan pada keaktifan siswa student centered sehingga siswa mengalami sendiri pembelajaran yang dilakukan, guru hanya menjadi motivator yang berusaha menjadi partner siswa dalam meningkatkan keaktifannya, menciptakan kondisi kelas yang mengerahkan semua potensi siswa.Downloads
Published
2022-12-14
How to Cite
Alimas’adi, A., & Supriyanto, A. . (2022). Pendekatan Edutainment dalam Pembelajaran PAI di Paket C. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11214–11226. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10226
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Alimas'adi, Anto Supriyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).