Desain e-LKPD Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Menggunakan Smart Apps Creator pada Pembelajaran IPA Materi Panas dan Perpindahannya di Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10205Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan desain e-LKPD interaktif berbasis problem based learning menggunakan aplikasi smart apps creator pada pembelajaran IPA materi panas dan perpindahannya di kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation dan evaluation). Data penelitian diperoleh melalui angket yang diberikan kepada validator ahli media, ahli materi, ahli bahasa. Setelah itu, data dianalisis untuk mendapatkan hasil kevalidan dan kepraktisan e-LKPD interaktif yang dikembangkan. Hasil penelitian ini berupa desain e-LKPD interaktif menggunakan aplikasi smart apps creator pada pembelajaran IPA materi panas dan perpinhannya di kelas V Sekolah Dasar. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor persentase rata-rata 97,3% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor persentase rata-rata 99% dengan kategori sangat valid, hasil validasi oleh ahli bahasa diperoleh skor persentase 95,5% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis problem based learning menggunakan aplikasi smart apps creator pada pembelajaran IPA materi panas dan perpindahannya di kelas V Sekolah Dasar sangat valid .Downloads
Published
2022-12-14
How to Cite
Satryanti, C. S. ., Destrinelli, D., & Pamela, I. S. . (2022). Desain e-LKPD Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Menggunakan Smart Apps Creator pada Pembelajaran IPA Materi Panas dan Perpindahannya di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11137–11146. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10205
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Cyntia Suci Satryanti, Destrinelli, Issaura Sherly Pamela
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).