Desain e-LKPD Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Menggunakan Smart Apps Creator pada Pembelajaran IPA Materi Panas dan Perpindahannya di Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Cyntia Suci Satryanti Universitas Jambi
  • Destrinelli Destrinelli Universitas Jambi
  • Issaura Sherly Pamela Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10205

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan desain e-LKPD interaktif berbasis problem based learning menggunakan aplikasi smart apps creator pada pembelajaran IPA materi panas dan perpindahannya di kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation dan evaluation). Data penelitian diperoleh melalui angket yang diberikan kepada validator ahli media, ahli materi, ahli bahasa. Setelah itu, data dianalisis untuk mendapatkan hasil kevalidan dan kepraktisan e-LKPD interaktif yang dikembangkan. Hasil penelitian ini berupa desain e-LKPD interaktif menggunakan aplikasi smart apps creator pada pembelajaran IPA materi panas dan perpinhannya di kelas V Sekolah Dasar. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor persentase rata-rata 97,3% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor persentase rata-rata 99% dengan kategori sangat valid, hasil validasi oleh ahli bahasa diperoleh skor persentase 95,5% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis problem based learning menggunakan aplikasi smart apps creator pada pembelajaran IPA materi panas dan perpindahannya di kelas V Sekolah Dasar sangat valid .

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Satryanti, C. S. ., Destrinelli, D., & Pamela, I. S. . (2022). Desain e-LKPD Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Menggunakan Smart Apps Creator pada Pembelajaran IPA Materi Panas dan Perpindahannya di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11137–11146. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10205

Most read articles by the same author(s)