Aktivitas Guru Dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Kooperatif di Raudhatul Athfal Melati Ogan Komering Ulu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10201Abstract
Penelitian ini berjudul “Aktivitas Guru Dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional pada Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Kooperatif di RA Melati Ogan Komering Ulu”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kinerja guru dalam mengembangkan kecerdasan sosial emosional Anak Usia Dini melalui pembelajaran kelompok yang disebut dengan pembelajaran kooperatif. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana aspek sosial emosional Anak Usia dini di RA Melati Ogan Komering Ulu, bagaiamana pembelajaran kooperatif di RA Melati Ogan Komering Ulu dan bagaimana aktivitas guru dalam mengemabangkan aspek sosial emosional Anak Usia Dini melalui pembelajaran kooperatif di RA Melati Ogan Komering Ulu. Sedangkan tujuan peneliitiann ini untuk mengetahui aspek sosial emosional anak Anak Usia Dini, selain itu untuk mengetahui pembelajaran kooperatif dan mengetahui aktivitas guru dalam mengembangkan aspek sosial emosional Anak Usia Dini melalui pembelajaran kooperatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif. Informan pokok dalam penelitian ini adalah guru kelas dan informan pendukung adalah kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisa secara destriftif dengan menggunakan teknik anlisis interaktif yang meliputi reduksi data penyajian data, penarikan kesimpulan dan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan aspek sosial emosional aud sudah berkembang sesuai harapan yaitu : 1) pemahaman diri, 2) sikap tanggung jawab 3) sikap prososial dan 4) sikap empati. Dengan demikian penulis menyimpulkan bahwa aspek sosial emosional pada Anak Usia dini melalui pembelajaran kooperatif di RA Melati Ogan Komering ulu sudah berjalan dengan baik. Adapun pembelajaran kooperatif yaitu : 1) penyampaian tujuan 2) penyajian informasi 3) pengorganisasian kepada anak dalam kelompok belajar 4) bimbingan kepada anak dan 5) pengevaluasian juga sudah berkembang sesuai harapan . Dan aktivitas guru dalam mengembangkan aspek sosial emosioanal melaui pembelajaran kooperatif dilakukan dengan model pembelajaran secara berkelompok yang dibagi secara berkelompok yang dibagi dalam kelompok kecil dan dari kelompok ini bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh pendidik.Downloads
Published
2022-12-14
How to Cite
Sipayona, T. ., Marlina, L. ., & Murtopo, A. . (2022). Aktivitas Guru Dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Kooperatif di Raudhatul Athfal Melati Ogan Komering Ulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11091–11102. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10201
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Tianfa Sipayona, Leny Marlina, Ali Murtopo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).