Respon Mahasiswa Terhadap Projek Membuat Ecoenzym pada Pembelajaran Biologi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10186Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah Konsep Dasar Sains. Penelitian ini menggunakan desain One-Shot Case Study dengan subjek penelitian sebanyak 24 mahasiswa yang mengambil mata kuliah biologi umum. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data dari para peserta. Hasil respon mahasiswa mengenai ketertarikan mahasiswa terhadap projek ecoenzym memberikan rerata skor 78,3 dengan persentase 65,3% berada pada kategori cukup baik. Jumlah skor mahasiswa yang menjawab negatif pernyataan bahwa model pembelajaran proyek membuat ecoenzyme dalam pembelajaran Biologi menjemukan sebesar 89 (74%) berada pada kategori baik. Namun pada pernyataan bahwa model pembelajaran proyek ecoenzyme membuat mereka tertekan, mahasiswa cenderung setuju sehingga menghasilkan skor sebesar 42 (35%) yang berada pada kategori sangat kurang baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa pada mata kuliah Konsep Dasar IPA.Downloads
Published
2022-12-13
How to Cite
Retariandalas, R., & Pujiati, A. . (2022). Respon Mahasiswa Terhadap Projek Membuat Ecoenzym pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11027–11031. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10186
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Retariandalas, Anik Pujiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).