Respon Mahasiswa Terhadap Projek Membuat Ecoenzym pada Pembelajaran Biologi

Authors

  • Retariandalas Retariandalas Universitas Indraprasta PGRI
  • Anik Pujiati Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10186

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah Konsep Dasar Sains. Penelitian ini menggunakan desain One-Shot Case Study dengan subjek penelitian sebanyak 24 mahasiswa yang mengambil mata kuliah biologi umum. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data dari para peserta. Hasil respon mahasiswa mengenai ketertarikan mahasiswa terhadap projek ecoenzym memberikan rerata skor 78,3 dengan persentase 65,3% berada pada kategori cukup baik. Jumlah skor mahasiswa yang menjawab negatif pernyataan bahwa model pembelajaran  proyek membuat ecoenzyme dalam pembelajaran Biologi menjemukan sebesar 89 (74%) berada pada kategori baik. Namun pada pernyataan bahwa model pembelajaran  proyek ecoenzyme membuat mereka tertekan, mahasiswa cenderung setuju sehingga menghasilkan skor sebesar 42 (35%) yang berada pada kategori sangat kurang baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa pada mata kuliah Konsep Dasar IPA.

Downloads

Published

2022-12-13

How to Cite

Retariandalas, R., & Pujiati, A. . (2022). Respon Mahasiswa Terhadap Projek Membuat Ecoenzym pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11027–11031. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10186