Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sekolah melalui Kinerja Guru di Sekolah Madrasah Tsanawiyah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10179Abstract
Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat studi pustaka (library reseach) deskriptif kualitatif. tidak terlepas dari strategis kepala madrasah yang mempunyai pengaruh sangat besar terhadap keberhasilan madrasah dan kebijakan dalam peningkatan mutu yang dilakukan oleh kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri dengan membentuk tim penilai, dimana tim penilaian kerja ini dibentuk secara khusus demi meningkatkan sistem pengawasan yang ada di madrasah tersebut, yang melibatkan guru-guru tertentu yang di tunjuk atau di SK-kan secara resmi dari kepala madrasah untuk menjadi tim supervisor (tim penilaian kerja). Kepala madrasah (sekolah) tidak hanya seorang guru, tetapi juga seorang guru yang memiliki kewajiban tambahan sebagai kepala pengelola lembaga. Dan merupakan komponen pendidikan yang memegang peranan paling penting dalam peningkatan mutu pendidikan. Peran dan fungsi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru juga sangat penting. Adapun hasil dari penelitian ini diantaranya: 1) Strategi yang digunakan oleh kepala madrasah pada umumnya dalam meningkatkan kinerja guru yaitu menggunakan strategi kekeluargaan yang mana strategi ini merupakan bagian dari strategi fasilitatif. Kepala madrasah menjadikan guru-guru sebagai keluarga sendiri. Yang dilakukan oleh kepala madrasah yaitu mengadakan evaluasi rutin, pembinaan pendidik dengan cara diikutkan pelatihan, serta pengawasan langsung terhadap kinerja guru. 2) Dalam meningkatkan kinerja guru ada beberapa kendala yang dialami oleh kepla madrasah yaitu, latar belakang guru yang bukan dari pendidikan, sehingga berpengaruh terhadap pemahaman akan materi yang akan disampaikan. Faktor usia guru yang sudah tidak muda lagi sehingga kurang produktif untuk menghasilkan inovasi-inovasi baru dalam mengajarnya.Downloads
Published
2022-12-13
How to Cite
Nuraeni, S. ., & Permana, H. . (2022). Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sekolah melalui Kinerja Guru di Sekolah Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10987–10994. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10179
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Siti Nuraeni, Hinggil Permana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).