Hubungan antara Keaktifan Belajar Siswa dan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Authors

  • Elizabeth Meiske Maythy Lasut Universitas Klabat
  • Astri Belantik Patty Universitas Klabat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10160

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keaktifan belajar selama pembelajaran dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris.  Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dan korelatif, digunakan untuk menjawab rumusan masalah tentang tingkat keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa, serta untuk membuktikan ada atau tidaknya hubungan di antara variabel yang diteliti tersebut. Peneliti menggunakan kuesioner tentang keaktifan belajar siswa yang diadaptasi dari Sardiman (2011) dan mendistribusikan kuesioner tersebut kepada 70 siswa kelas VII SMP Advent Airmadidi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat keaktifan belajar selama pembelajaran memiliki nilai rerata = 3.21, yang berarti keaktifan belajar siswa berada pada tingkat cukup,  selama pembelajaran berlangsung, (2) tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris dengan nilai rerata = 90.57, yang berarti prestasi belajar siswa sangat baik pada mata pelajaran Bahasa Inggris, dan (3) nilai signifikansi p = .312 yang menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan belajar selama pembelajaran dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris.

Downloads

Published

2022-12-13

How to Cite

Lasut, E. M. M. ., & Patty, A. B. . (2022). Hubungan antara Keaktifan Belajar Siswa dan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10883–10890. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10160