Hubungan antara Keaktifan Belajar Siswa dan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10160Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keaktifan belajar selama pembelajaran dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dan korelatif, digunakan untuk menjawab rumusan masalah tentang tingkat keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa, serta untuk membuktikan ada atau tidaknya hubungan di antara variabel yang diteliti tersebut. Peneliti menggunakan kuesioner tentang keaktifan belajar siswa yang diadaptasi dari Sardiman (2011) dan mendistribusikan kuesioner tersebut kepada 70 siswa kelas VII SMP Advent Airmadidi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat keaktifan belajar selama pembelajaran memiliki nilai rerata = 3.21, yang berarti keaktifan belajar siswa berada pada tingkat cukup, selama pembelajaran berlangsung, (2) tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris dengan nilai rerata = 90.57, yang berarti prestasi belajar siswa sangat baik pada mata pelajaran Bahasa Inggris, dan (3) nilai signifikansi p = .312 yang menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan belajar selama pembelajaran dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris.Downloads
Published
2022-12-13
How to Cite
Lasut, E. M. M. ., & Patty, A. B. . (2022). Hubungan antara Keaktifan Belajar Siswa dan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10883–10890. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10160
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Elizabeth Meiske Maythy Lasut, Astri Belantik Patty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).