Penerapan Teknik Lampu Lalu Lintas Dalam Pembelajaran Di Kelas: Best Practice Di MI NW Bangket Punik Lombok Barat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10104Abstract
Penilaian kelas dilaksanakan agar guru memperoleh informasi mengenai hasil belajar siswa. Hasil penilaian dapat digunakan untuk mendiagnosis maupun penetapan tindak lanjut untuk peningkatan kompetensi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran di kelas 6 MI NW Bangket punik dengan teknik lampu lalu lintas dalam pembelajaran. Teknik lampu lalu lintas adalah cara informal bagi siswa untuk menunjukkan kepada guru tingkat pemahaman mereka tentang ide atau keterampilan tertentu saat pelajaran sedang diajarkan. Penelitian dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) Observasi; (2) dokumentasi; dan (3) wawancara. Adapun jenis instrumen yang digunakan diantaranya: (1) lembar pengamatan; dan (2) pedoman wawancara. Hasil penelitian ini diperoleh bahwasanya: (1) siswa merasa senang dengan mengunakan teknik lampu lalu lintas ini, karena mereka dapat menginformasikan pada guru tentang pemahaman mereka saat proeses pembelajaran; (2) siswa tidak perlu merasa takut utuk mengangkat tangan atau melakukan intrupsi jika tidak paham; dan (3) guru dapat dengan cepat mengetahui tingkat pemahaman siswa dan kesulitan siswa saat sedang proses pembelajaran, sehingga guru dapat dengan segera memberikan respon terhadap siswa sebelum melanjutkan ke materi selanjutnya.Downloads
Published
2022-12-13
How to Cite
Haryati, L. F., & Wangid, M. N. (2022). Penerapan Teknik Lampu Lalu Lintas Dalam Pembelajaran Di Kelas: Best Practice Di MI NW Bangket Punik Lombok Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10849–10856. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10104
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Linda Feni Haryati, Muhammad Nur Wangid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).