Penerapan Teknik Lampu Lalu Lintas Dalam Pembelajaran Di Kelas: Best Practice Di MI NW Bangket Punik Lombok Barat

Authors

  • Linda Feni Haryati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Muhammad Nur Wangid Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10104

Abstract

Penilaian kelas dilaksanakan agar guru memperoleh informasi mengenai hasil belajar siswa.  Hasil penilaian dapat digunakan untuk mendiagnosis maupun penetapan tindak lanjut untuk peningkatan kompetensi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran di kelas 6 MI NW Bangket punik dengan teknik lampu lalu lintas dalam pembelajaran. Teknik lampu lalu lintas adalah cara informal bagi siswa untuk menunjukkan kepada guru tingkat pemahaman mereka tentang ide atau keterampilan tertentu saat pelajaran sedang diajarkan. Penelitian dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) Observasi; (2) dokumentasi; dan (3) wawancara. Adapun jenis instrumen yang digunakan diantaranya: (1) lembar pengamatan; dan (2) pedoman wawancara. Hasil penelitian ini diperoleh bahwasanya: (1) siswa merasa senang dengan mengunakan teknik lampu lalu lintas ini, karena mereka dapat menginformasikan pada guru tentang pemahaman mereka saat proeses pembelajaran; (2) siswa tidak perlu merasa takut utuk mengangkat tangan atau melakukan intrupsi jika tidak paham; dan (3) guru dapat dengan cepat mengetahui tingkat pemahaman siswa dan kesulitan siswa saat sedang proses pembelajaran, sehingga guru dapat dengan segera memberikan respon terhadap siswa sebelum melanjutkan ke materi selanjutnya.

Downloads

Published

2022-12-13

How to Cite

Haryati, L. F., & Wangid, M. N. (2022). Penerapan Teknik Lampu Lalu Lintas Dalam Pembelajaran Di Kelas: Best Practice Di MI NW Bangket Punik Lombok Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10849–10856. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10104