Pengembangan Modul Bahasa Arab dalam Meningkatkan Kemahiran Berbicara (Maharotul Kalam) di Kelas VIII MTs Raudatul Akmal

Authors

  • Mardiatul Husna Rambe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zakiah Nur Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Syarifah Widya Ulfa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10092

Abstract

Penelitian ini bertujuan unutuk mengembangan modul bahasa arab dalam meningkatkan kemahiran berbicara (Mahrotul Kalam) Di Kelas VIII MTs Radatul Kalam. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Metode penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut (Sugiono,2013.) Paradigma penelitian dan pengembangan dalam Research and Developmen, dalam tahapan ini, para peneliti akan di hadapkan pada suatu langkah mendesain, menyusun, mengimplementasi, suatu objek (model) tertentu untuk segera di uji cobakan, lalu di lihat dampaknya, dari uji coba tersebut kemudian di revisi. Berdasarkan hasil penelitian dan mengembangkan produk, dapat diperoleh kesimpulan terkait dengan mengembangkan kemahiran berbicara, melakukan pembelajaran, mengamati, merancang, membuat produk dan menganalisis tingkat kelayakan produk, berikut ini merupakan kesimpulan hasil penelitian pengembangan. Proses mengembangkan modul bahasa Arab dalam penelitian ini adalah melalui beberapa tahap di antaranya melakukan perencanaan yaitu menganalisis semua yang terkait program bahasa Arab dan pembelajaran bahasa Arab yang diterapkan di Kelas VIII MTs Raudatul Akmal. Kemudian melakukan perencanaan dalam pembelajaran seperti membuat pemetaan rencana pembelajaran (silabus), agar setiap pembelajaran yang dilakukan dapat menyesuaikan kebutuhan peserta didik, melakukan penulisan sesuai dengan standart modul kemudian melakukan penilaian terhadap modul bahasa Arab oleh para Ahli materi dan ahli desain, revisi dengan melakukan perbaikkan, kemudian penilaian kembali dan uji coba terhadap peserta didik. Hal itu peneliti lakukan untuk menghasilkan modul bahasa Arab yang memenuhi kebutuhan peserta didik dalam mengembangkan program bahasa Arab di MTs Raudatul Akmal

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Rambe, M. H. ., Harahap, Z. N. ., & Ulfa, S. W. . (2022). Pengembangan Modul Bahasa Arab dalam Meningkatkan Kemahiran Berbicara (Maharotul Kalam) di Kelas VIII MTs Raudatul Akmal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10702–10708. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10092