Retorika Selebgram Fadil Jaidi dalam Instagram
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10087Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan logos yang digunakan selebgram Fadil Jaidi dalam mempersuasi publik saat mempromosikan barang endorse di media sosial Instagram. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa video endorse yang diunggah Fadil Jaidi pada Instagram pribadinya. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari akun Instagram @fadiljaidi. Hasil penelitian ini berupa 40 data penerapan logos selebgram Fadil Jaidi dalam mempersuasi publik saat mempromosikan barang endorse di media sosial Instagram. Fadil Jaidi menerapkan logos disetiap video endorsenya dengan cara memunculkan fakta-fakta dan opini untuk mempersuasi pengikut yang melihat videonya. Fadil Jaidi juga menggunakan kalimat persuasif untuk memperkuat opininya sehingga opininya seolah-olah merupakan hal yang benar. Dari 40 data yang ditemukan dalam penelitian ini, terdapat 39 data penerapan logos selebgram Fadil Jaidi dalam mempersuasi publik dengan cara memunculkan fakta berupa nama online shop, 10 data dengan cara memunculkan fakta dan opini berupa harga barang , 13 data berupa ukuran barang, dan 31 data berupa pilihan warna dan model barang. Berdasarkan data hasil penelitian, Fadil Jaidi cenderung memunculkan fakta berupa nama online shop dari barang yang sedang dipromosikannya.Downloads
Published
2022-12-12
How to Cite
Az Zahra, N. A. ., Charlina, C., & Hermandra, H. (2022). Retorika Selebgram Fadil Jaidi dalam Instagram. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10654–10660. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10087
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nabilla Aulia Az Zahra, Charlina, Hermandra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).