Fungsi Administrasi Kantor Lurah Sangele Kecamatan Pamona Puselemba dalam Menunjang Efektivitas Kerja Pegawai

Authors

  • Alif Y. Walenta Universitas Sintuwu Maroso Poso

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10067

Abstract

Pada tataran organisasi pemerintah, pelaksanaan fungsi administrasi dimaksudkan untuk lebih memaksimal kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dari organisasi pemerintah. Selain itu, hal yang tidak kalah penting juga adalah bahwa pelaksanaan fungsi administrasi juga dimaksudkan untuk lebih mengoptimalkan akan keberadaan fasilitas dan ruangan kerja agar individu (sebagai anggota organisasi) dapat bekerja lebih maksimal. Sehingga dengan demikian, efektivitas kerja pegawai pada organisasi pemerintah diharapkan dapat lebih meningkat terkait dengan pelaksanaan tugas pekerjaan organisasi secara menyeluruh. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Fungsi Administrasi Kantor Lurah Sangele Kecamatan Pamona Puselemba Dalam Menunjang Efektivitas Kerja Pegawai, serta faktor apa saja yang mempengaruhinya. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam menjelaskan hasil penelitian menurut indikator yang sudah ditetapkan sebelumnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini, masing-masing; data primer, yaitu data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara serta data sekunder, yaitu data yang dikumpulkan melalui hasil studi pustaka dan melalui penelusuran dokumen-dokumen resmi yang ada kaitannya dengan permasalahan penelitian.

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Walenta, A. Y. . (2022). Fungsi Administrasi Kantor Lurah Sangele Kecamatan Pamona Puselemba dalam Menunjang Efektivitas Kerja Pegawai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10523–10534. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10067