Karakteristik Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10066Abstract
Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu (1) mendeskripsikan ciri-ciri struktur teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok, (2) mendeskripsikan ciri-ciri unsur-unsur cerpen teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok, dan (3) mendeskripsikan fungsi teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana struktur, unsur, dan fungsi teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok. Teori yang berkaitan dengan penelitian ini adalah teori teks cerpen, yaitu (a) hakikat teks cerpen, (b) struktur teks cerpen, (c) unsur-unsur teks cerpen, dan ( d) fungsi teks cerita pendek. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa struktur, unsur, dan fungsi teks cerpen yang diperoleh dari sumber data. Sumber data berupa teks cerita pendek yang diperoleh dari sumber penelitian. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil tugas teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok yang berjumlah 37 siswa. Ada lima teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu (1) mengidentifikasi data menurut teori struktur dan unsur teks cerpen, (2) mengklasifikasikan data menurut teori struktur dan unsur teks cerpen, (3) menganalisis data dengan cara mencatat kalimat-kalimat yang berkaitan dengan struktur dan unsur-unsur teks cerpen, (4) menginterpretasikan data yang telah dianalisis, (5) menyimpulkan hasil deskripsi data dengan menulis laporan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok dibangun dengan struktur yang lengkap. Teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok dominan mengangkat tema persahabatan dan kekeluargaan. Tokoh-tokoh dalam teks cerpen kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok masing-masing memiliki tokoh utama dan tokoh pendamping yang cukup menarik seperti teks cerpen pada umumnya. Alur yang digunakan cenderung menggunakan alur maju dibandingkan dengan alur mundur dan alur campuran. Latar yang terdapat dalam teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok dominan menggunakan latar sekolah dan rumah yang cakupannya lebih kecil. Sudut pandang teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok dominan menggunakan sudut pandang orang ketiga. Pesan dalam teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok lebih banyak mengandung pesan tersurat dari pada tersirat. Teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok cenderung memiliki fungsi moral dan fungsi diaktif.Downloads
Published
2022-12-11
How to Cite
Mailina, S. ., & Hafrison, M. . (2022). Karakteristik Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10516–10522. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10066
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Shinta Mailina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









