Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksposisi Bertema Ekologi untuk Kelas X SMA Berbasis Kearifan Lokal Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10005Abstract
Penggunaan teks eksposisi bermuatan ekologi dengan basis kearifan lokal diperlukan untuk membangun kesadaran siswa, khususnya pada jenjang SMA/SMK. Upaya membangun kesadaran lingkungan ini penting untuk menumbuhkan kepedulian mereka terhadap lingkungan dan masyarakat. Berkenaan dengan hal tersebut, perlu disajikan bahan ajar menulis yang mengoolaborasikan teks dengan isu ekologi berbasis kearifan lokal sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, validitas, dan respon siswa terhadap bahan ajar menulis teks eksposisi dengan tema ekologi dalam lingkup kearifan lokal Banyuwangi yang merupakan salah satu daerah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan model 4-D oleh Thiagarajan & Semmel yang dimodifikasi sampai pada tahap ujicoba. Validasi melibatkan 4 orang ahli. Hasilnya menunjukkan bahwa validitas bahan ajar menulis teks eksposisi bertema ekologi berbasis kearifan lokal Banyuwangi untuk kelas X SMA ini mencapai 93%. Artinya, bahan ajar tersebut dinyatakan sangat layak untuk diimplementasikan. Sementara itu, respon siswa menunjukkan persentase hingga 88% yang artinya bahan ajar tersebut juga sangat layak untuk diterapkan di kelas.Downloads
Published
2022-12-10
How to Cite
Rahmawati, A. ., Mutiah, A. ., & Syukron, A. . (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksposisi Bertema Ekologi untuk Kelas X SMA Berbasis Kearifan Lokal Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10170–10180. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10005
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Annisa Rahmawati, Arju Mutiah, Ahmad Syukron
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).