UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.515Keywords:
komunikasi matematisAbstract
Komunikasi merupakan hal penting dalam kehidupan. Hal ini dikarenakan manusia pada hakikatnya merupakan makhluk sosial. Matematika merupakan salah satu pelajaran yang sangat diperlukan juga dalam kehidupan. Sebagian besar aspek kehidupan, matematika selalu berkontribusi di dalamnya. Komunikasi matematis merupakan kemampuan seseorang dalam menyapaikan sebuah ide matematika secara lisan maupun tulisan. Secara lisan dapat berupa dalam bentuk diskusi ataupun menjelaskan. Secara tulisan dapat berupa menyapaikan sebuah ide matematika dalam bentuk gambar/grafik, tabel, persamaan, atau dengan bahasa siswa sendiri.References
Caine, R. N., & Caine, G. 1990. Understanding a brain-based approach to learning and teaching. Educational Leadership. 48 (2), 43-47.
Darkasyi, dkk. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika. 1 (1), 21-34.
De Porter, B dan Hernacki. 2001. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. (terjemahan Alwiyah Abdurrahman). Bandung: Kaifa.
Duman, B. 2006. The effect of brain-based instruction to improve on students’ academic achievement in social studies instruction. 9th International Conference on Engineering Education. 24, 17-25.
Gani, R.A. 2007. Pengaruh Pembelajaran Metode Inkuiri Model Alberta terhadap Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi. UPI: Tidak diterbitkan.
Gardenia, Nia. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Smk Melalui Pembelajaran Konstruktivisme Model Needham. Jurnal formatif. 6 (2), 110-116.
Haji, S. (2005). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadapa Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Disertasi. PPs Unsri Bandung. Tidak di Publikasikan.
Hodiyanto. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu. 7 (1), 9-18.
Mahmudi, ali dan Sukoco, Heru. 2016. Pengaruh Pendekatan Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMA. Pythagoras:Jurnal Pendidikan Matematika. 11 (1), 11-24.
Nair, S. 2005. Penggunaan model kronstruktivisme lima fasa needham dalam pembelajaran sejarah. Jurnal Pendidik dan Pendidikan. (20), 21-42.
Presiden RI. 2006. Peraturan Pemerintah RI Nomor 22, Tahun 2006, tentang Standar Isi.
Presiden RI. 2007. Peraturan Pemerintah RI Nomor 41, Tahun 2007, tentang Standar Proses.
Putra, Fredi Ganda. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. 7 (2), 203-210.
Rahmawati, Fitriana. 2013. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalamMeningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Kumpulan Makalah Seminar Semirata 2013. Lampung: FMIPA Univertas Lampung.
Umar, Wahid. 2012. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. 1 (1), 1-9.