GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS PASIR NANGKA TIGARAKSA TAHUN 2022

Authors

  • Anisa Nur Zulkarina Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Universitas Esa Unggul
  • Puteri Fannya Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v3i4.9025

Keywords:

EUCS, KEPUASAN pengguna, simpuss

Abstract

Berdasarkan peraturan mentri kesehatan tentang pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan upaya kesehatan perseorangan (UKP) tingkat pertama, dengan tujuan untuk mencapai drajat kesatan setinggi-tingginya di tiap wilayah kerja. Untuk mencapai derajat kesehatan Puskesmas juga berperan dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan dengan akurat, cepat dan tepat sehingga sangat diperlukan sistem yang mampu menjamin ketersediaan data secara akurat,tepat dan tepat. Sistem informasi manajemen puskesmas adalah adalah aplikasi manajemen yang fungsi utamanya sebagi alat dalam pencatatan, pengolahan dan penyajian informasi semua data pasien dari awal melakukan pendaftaran hingga pelporan. Salah satu bentuk  penerapan SIMPUS yaitu melakukan evaluasi  dengan mengukur tingakat kepuasan petugas menggunakan metode EUCS yang diniali dari 5 komponen content, format, accuracy, timeliness, ease of use. Meto;de penelitian yang digunakan adalah deskriptif menggunakan analisis kuantitatif dengan angket dan survey. Sampel penelitian sebanyak 35 petugas menggunakan sampel jenuh dan data diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukan jumlah responden puas terhadap content (45,7%), accuracy (42,9%), format (71,4%),timelines (57,1%) easy of use (57,1%) pada variabel content dan accuracy paling banyak menyatakan tidak puas. Maka dapat disimpulkan bahwa belum sepenuhnya pengguna puas terhadap SIMPUS terutama pada variabel accuracy dan content. Disarankan untuk meningkatkan kualitas sistem informasi manajemen puskesmas khususnya pada variabel content dan accuracy dengan mengadakan evaluasi kepuasan pengguna secara berkala dan menyediakan jaringan yang optimal.

References

Adiputra, Z. and Garmelia, E. (2021) ‘Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Puskesmas Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Puskesmas’, Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, 4(1).

Adrianti, H. (2019) ‘Pengaruh Faktor End User Computing Satisfaction (Eucs) Terhadap Manfaat Nyata Pengguna Sistem Informasi Elektronik (E-Puskesmas) Di Puskesmas Sawah Besar Jakarta’, Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, 6(Desembar), pp. 1–7.

Alfiansyah, G. et al. (2020) ‘Evaluasi Kepuasan Pengguna Electronic Health Record (EHR) Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) di Unit Rekam Medis Pusat RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo’, Jurnal Penelitian Kesehatan ‘SUARA FORIKES’ (Journal of Health Research ‘Forikes Voice’), 11(3), p. 258. doi: 10.33846/sf11307.

Dalimunthe, Nurmaini and Ismiati, C. (2015) ‘The Study of End-User Computing Satisfaction (EUCS) on Computerised Accounting System (CAS) Among Labuan F.T Private Companies’, Sustaining Competitiveness in a Liberalized Economy: The Role of Accounting, 2(1), pp. 12–35. doi: 10.5848/csp.1487.00001.

Doll, W. J. et al. (1998) ‘The meaning and measurement of user satisfaction: A multigroup invariance analysis of the end-user computing satisfaction instrument’, Journal of Management Information Systems, 21(1), pp. 227–262. doi: 10.1080/07421222.2004.11045789.

Kemenkes RI, 2019 (2019) ‘Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat’.

Rasman, Y. I. K. (2012) ‘Gambaran hubungan unsur-unsur End USER Computing Satisfaction terhadap kepuasan pengguna sistem informasi rumah sakit umum daerah kota depok 2012’.

Setyoningrum, N. R. (2020) ‘Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kerja Praktek dan Skripsi (SKKP) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)’, Journal of Applied Informatics and Computing, 4(1), pp. 17–21. doi: 10.30871/jaic.v4i1.1645.

Downloads

Published

2022-12-17

How to Cite

Zulkarina, A. N. ., & Fannya, P. . (2022). GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS PASIR NANGKA TIGARAKSA TAHUN 2022. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(4), 608–614. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i4.9025