PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN INDONESIA DENGAN MELIHAT PERMASALAHAN PENDIDIKAN UNTUK KEMAJUAN SEKTOR PEREKONOMIAN

Authors

  • Bahiizza Shadrina Zhafarin Fakultas Ilmu Kesehatan, Kesehatan Masyarakat, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Kazhima Alma Azzahra Fakultas Ilmu Kesehatan, Kesehatan Masyarakat, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Muhammad Fawwaz Fakultas Ilmu Kesehatan, Kesehatan Masyarakat, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Marina Ery Setiyawati Fakultas Ilmu Kesehatan, Kesehatan Masyarakat, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v3i4.8996

Keywords:

PENDIDIKAN, EKONOMI, PEREKONOMIAN

Abstract

Keberadaan pendidikan menjadi sebuah harapan untuk menghasilkan generasi yang hebat dan berkualitas yang mampu memanfaatkan segala hal dengan tujuan memajukan kualitas bangsa dan negara. Selain itu, pendidikan penting untuk kemajuan suatu negara dalam berbagai bidang sebagai contoh bidang ekonomi dan politik. Pendidikan dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara karena melalui pendidikan, produktivitas kerja akan meningkat dan pertumbuhan ekonomi pun meningkat. Dengan kata lain, jika kualitas pendidikan meningkat, pertumbuhan penghasilan pada kelompok miskin akan lebih cepat. Akan tetapi, pendidikan tidak akan membuahkan hasil jika kualitas dari pendidikan tersebut kurang baik. Seperti halnya, kualitas pendidikan di Indonesia pada saat ini dapat dikatakan kurang baik karena terdapat beberapa masalah pada sistem pendidikan mulai dari adanya kesenjangan sarana dan prasarana pendidikan antara di kota dengan di desa, evaluasi pembelajaran yang lemah, dan rendahnya kualitas sumber daya pengajar. Oleh karena itu, peningkatan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia dapat ditingkatkan salah satunya mulai dari profesionalitas pengajar agar menghasilkan pendidikan yang optimal. Penelitian dilakukan bertujuan untuk menganalisis peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia dengan melihat permasalahan pendidikan yang ada untuk kemajuan sektor perekonomian. Penggunaan metode untuk penelitian kami yaitu dengan metode Systematic Literature Review (SLR) yang berasal dari lima jurnal yang diperoleh melalui halaman google scholar dengan menggunakan fasilitas database online. Dari lima jurnal yang diperoleh, dinyatakan bahwa kualitas pendidikan dapat mempengaruhi pertumbuhan atau kemajuan sektor perekonomian. Pendidikan dapat menghasilkan kualitas SDM yang berkualitas dan profesional sehingga bisa menghadapi masa depan yang memiliki pasar kerja yang lebih beragam dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi.  

References

Agustang, A., Asrifan, A., & Mutiara, I. A. (2021). ‘Masalah Pendidikan Di Indonesia’. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/DOI: 10.31219/Osf.Io/9xs4h, January, 0–19. https://doi.org/10.31219/osf.io/9xs4h.

Andre, M. (2018). Tentang Pendidikan di Indonesia. Storial.Co. https://storial.co/book/tentang-pendidikan-di-indonesia

Budiarti, D., & Seosatyo, Y. (2014). ‘Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Mojokerto Tahun 2000-2011’. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 2(1). https://doi.org/10.26740/JUPE.V2N1.P.

Dian. (2022). Kemendikbudristek Harap Skor PISA Indonesia Segera Membaik. Radio Edukasi Kemendikbud. https://radioedukasi.kemdikbud.go.id/read/3341/kemendikbudristek-harap-skor-pisa-indonesia-segera-membaik.html.

Fajar, C. M., & Mulyanti, D. (2019). ‘Meningkatkan Taraf Perekonomian dan Kesejahteraan Melalui Perencanaan Investasi Pendidikan’. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 89-95. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4971.g2945.

Fitri, S. F. N. (2021). ‘Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia’. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.

Foster, A. D., & Rosenzweig, M. R. (1995). ‘Learning by doing and learning from others: human capital and technical change in agriculture’. Journal of Political Economy, 103(6), 1176–1209. https://doi.org/10.1086/601447.

Hilman, C. (2017). ‘Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan’. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 216–239.

Lisnawati, C. (2007). ‘Aspek Ekonomi Dalam Pendidikan’. Educare, 4, 73–82. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/50.

Lucya, C., & Anis, A. (2019). ‘Pengaruh Teknologi Dan Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia’. Jurnal Kajian Ekonomi dan Pembangunan, 1(2), 509-518.

Montanesa, D., & Firman, F. (2021). ‘Perbandingan Sistem Pendidikan Indonesia dan Jepang’. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 174–179. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.246

Ms, T. (2020). Pengaruh tingkat pendidikan terhadap perekonomian masyarakat di desa salulemo kecamatan baebunta kabupaten luwu utara (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Palopo).

SBM, N. (2014). ‘Pengaruh Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi’. Media Ekonomi Dan Manajemen, 29(2). http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/fe/article/view/229.

Sukirno, Sadono. 2004. Makroekonomi Teori pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.

Tini. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Perekonomian Masyarakat. Universitas M, 1–10.

Todaro, Michael. 2006. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Widiansyah, A. (2017). ‘Peran Ekonomi dalam Pendidikan dan Pendidikan dalam Pembangunan Ekonomi’. Cakrawala-Jurnal Humaniora

Downloads

Published

2022-12-17

How to Cite

Zhafarin, B. S., Azzahra, K. A., Fawwaz, M., & Setiyawati, M. E. (2022). PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN INDONESIA DENGAN MELIHAT PERMASALAHAN PENDIDIKAN UNTUK KEMAJUAN SEKTOR PEREKONOMIAN. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(4), 638–644. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i4.8996